xiv Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang Skripsi, Juni 2013 ABSTRAK Arif Tri Subekti Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Harga Diri Rem aja di Pondok Pesantren Darut Taqwa Semarang

Subekti, Arif Tri and Racma, Nurullya (2014) xiv Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang Skripsi, Juni 2013 ABSTRAK Arif Tri Subekti Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Harga Diri Rem aja di Pondok Pesantren Darut Taqwa Semarang. Nursing.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

3934Kb

Abstract

Latar Belakang : Remaja merupakan masa peralihan dari kanak-kanak ke dewasa yang ditandai dengan perubahan fisik, perila ku, kognitif, biologis, dan emosi. Perubahan yang terjadi pada remaja menyebabka n perubahan emosi yang naik turun. Harga diri merupakan komponen dari kons ep diri yang bersifat emosional dan penting dalam menentukan sikap dan ke pribadian seseorang. Harga diri dapat dipengaruhi oleh kecerdasan emosional di mana seseorang mampu mengelola emosinya baik pada diri sendiri maupun or ang lain. Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan har ga diri pada remaja di Pondok Pesantren Darut Taqwa Se marang. Metode dan Instrument : Menggunakan teknik crossectional dengan pendekat an kuantitatif studi deskriptif korelasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang terdiri dari, karakteristik demografi, kecerda san emosional, dan harga diri. Analisa univariat menggunakan uji statistik deskrit if untuk memperoleh gambaran karakter demografi, kecerdasan emosional, dan harga diri responden, sedangkan untuk uji bivariat menggunakan chi-square untuk men ilai adanya hubungan kecerdasan emosional dengan harga diri pada remaja. Sampel : Remaja Pondok Pesantren sejumlah 52 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil : Responden dengan kecerdasan emosional tinggi dan ha rga diri yang tinggi sejumlah 77,8% dan untuk responden yang mempunyai ke cerdasan emosional rendah dan harga diri yang rendah 52,0%. Hasil anal isis menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosiona l dengan harga diri pada remaja dengan p value 0,026 (p < 0,05). Kesimpulan dan Saran : Kecerdasan emosional yang tinggi dapat meningkatkan harga diri pada remaja. Dan diharapkan, penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan intervensi yang tepat bagi remaja di P ondok Pesantren.

Item Type:Book
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:49441
Deposited By:Mr Nurse Diponegoro
Deposited On:20 Jul 2016 15:14
Last Modified:20 Jul 2016 15:14

Repository Staff Only: item control page