Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Supervisi Untuk Meningkatkan Kepatuhan Perawat Dalam Menerapkan SPO Pemasangan Infus Di RSUD Indramayu

Aeni, Wiwin Nur and HARTITI , TRI and Warsito, Bambang Edi (2016) Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Supervisi Untuk Meningkatkan Kepatuhan Perawat Dalam Menerapkan SPO Pemasangan Infus Di RSUD Indramayu. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
4Mb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

7Mb

Abstract

Latar Belakang : Pelaksanaan supervisi keperawatan belum optimal. Hal itu berdampak pada ketidakpatuhan perawat dalam menerapkan SPO pemasangan infus. Fungsi pengawasan dan edukasi supervisor kepada perawat pelaksana yang tidak berjalan menyebabkan tingginya angka phlebitis. Tujuan penelitian ini menganalisis secara mendalam faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan supervisi klinis keperawatan di RSUD Indramayu. Metode : Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan pendekatan fenomenologi pada lima partisipan utama dan dua partisipan triangulasi menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan analisa data menggunakan Analisis Interaktif menurut Milles dan Huberman. Hasil: Teridentifikasi lima tema yakni pelaksanan supervisi, peningkatan pelaksanaan supervisi, harapan supervisor, masalah pelaksanaan supervisi, dan ketidakpatuhan. Kesimpulan : Tahapan supervisi yang sudah terlaksana ialah klarifikasi masalah dan umpan balik. Supervisi dapat ditingkatkan melalui koordinasi dengan atasan, sikap bersahabat, kreatif menciptakan kenyamanan, dan supervisi terencana. Supervisor berharap mendapat dukungan, pelatihan roleplay, dan SDM tercukupi. Supervisi terkendala karena keterbatasan waktu, diri, dan belum ada instrument supervisi. Ketidakpatuhan disebabkan karena faktor predisposisi, faktor pemungkin dan faktor penguat.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Supervisi Keperawatan
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nursing
ID Code:49422
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Jul 2016 13:44
Last Modified:20 Jul 2016 13:44

Repository Staff Only: item control page