Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Perilaku Anak Dalam Memilih Jajanan Di SD Negeri Bulusan Kecamatan Tembalang

Suryaningsih, Dieta and Naviati, Elsa (2015) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Perilaku Anak Dalam Memilih Jajanan Di SD Negeri Bulusan Kecamatan Tembalang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

1803Kb

Abstract

Perilaku mengkonsumsi jajanan saat bersekolah merupakan aktivitas rutin terutama pada murid Sekolah Dasar. Perilaku tersebut terdiri dari pengetahuan, sikap dan tindakan. Salah satu cara untuk mengurangi akibat dari perilaku mengkonsumsi jajanan adalah pendidikan kesehatan dengan metode dan media yang menarik seperti permainan ular tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media permainan ular tangga terhadap perilaku anak dalam memilih jajanan di SD Negeri Bulusan Kecamatan Tembalang. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest without control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri Bulusan dan besar sampel penelitian berjumlah 37 siswa yang dipilih denan metode consecutive sampling berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi. Data diambil dengan menggunakan kuesioner pengetahuan, sikap dan tindakan kemudian dianalisis dengan analisis statistik Wilcoxon Signed Rank Test dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan dengan media permainan ular tangga berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dengan perbedaan rata-rata 5,308 (p= 0,000), sikap dengan perbedaan rata-rata 4,813 (p= 0,000), dan tindakan dengan perbedaan rata-rata 4,929 (p= 0,000). Dapat disimpulkan bahwa pendidikan kesehatan dengan media permainan ular tangga berpengaruh terhadap perilaku anak dalam memilih jajanan. Disarankan pada pihak sekolah menggunakan metode dan media permainan ular tangga dalam memberikan informasi kesehatan kepada anak di sekolah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Pendidikan kesehatan, jajanan, ular tangga, pengetahuan, sikap, dan tindakan
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:49412
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:20 Jul 2016 11:53
Last Modified:20 Jul 2016 11:53

Repository Staff Only: item control page