EFEKTIFITAS INTERVENSI SPIRITUAL TERAPI AUDIO DENGAN MURATTAL AL-QUR’ANTERHADAP TEKANAN DARAH PADA LANJUT USIA DENGAN HIPERTENSI DI UNIT REHABILITASI SOSIAL PUCANGGADING SEMARANG

Siyanti, Andryanie Ine and Widyastuti, Rita Hadi (2014) EFEKTIFITAS INTERVENSI SPIRITUAL TERAPI AUDIO DENGAN MURATTAL AL-QUR’ANTERHADAP TEKANAN DARAH PADA LANJUT USIA DENGAN HIPERTENSI DI UNIT REHABILITASI SOSIAL PUCANGGADING SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

2887Kb

Abstract

Salah satu penyakit degeneratif yan g muncul pada lansia yaitu hipertensi. Peneliti memperoleh data bahwa terdapat 55 orang dari 112 lansia di menderita hipertensi di Unit Rehabilitasi Sosial Pucanggading Semarang . Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan intervensi spiritual terapi audio murrotal Al - Qur’an terhadap penurunan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi. Jenis penelitian ini adalah experimental dengan rancangan penelitian one group (pretest - posttest) design . Penelitian dilakukan pada 42 responden melalui teknik purposive sampling pada bulan Mei 2014 di Unit Rehabiltasi Sosial Pucanggading Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan pengukuran tekanan darah menggunakan tensimeter . Analisis hasil penelitian menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan adanya penurunan tekanan darah sistol ik dan diastol ik yang signifikan ( p value 0.000 dan 0.000 ) dengan taraf kesalahan (α) 0.05 yaitu dari 150,71 mmHg menjadi 142,86 mmHg dan dari 90 mmHg me njadi 84,52 mmHg. Intervensi spiritua l terapi audio murrotal Al - Qur’an ini efektif terhadap penurunan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi. Terapi ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dari area keperawatan pada klien hipertensi khususnya pada lansia.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:49407
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:20 Jul 2016 11:40
Last Modified:20 Jul 2016 11:40

Repository Staff Only: item control page