“HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI PERAWAT DENGAN PENERAPAN PROGRAM PATIENT SAFETY DALAM PENCEGAHAN PASIEN JATUH DI INSTALASI RAWAT INAP BEDAH RSUP dr. KARIADI SEMARANG”

Nugroho, Tri Aditya and Ardani, M. Hasib (2013) “HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI PERAWAT DENGAN PENERAPAN PROGRAM PATIENT SAFETY DALAM PENCEGAHAN PASIEN JATUH DI INSTALASI RAWAT INAP BEDAH RSUP dr. KARIADI SEMARANG”. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

3175Kb

Abstract

ABSTRAK Hubungan antara Motivasi Perawat dengan Penerapan Program Patient Safety dalam Pencegahan Pasien Jatuh di Instalasi Rawat Inap Bedah RSUP dr. Kariadi Semarang. xvii + 82 halaman + 9 tabel + 2 gambar + 17 lampiran Keselamatan pasien rumah sakit merupakan suatu sistem dimana rumah sakit membuat asuhan keperawatan yang mengutamakan keselamatan pasien dalam pelayanan keperawatan di rumah sakit. Salah satu sasaran keselamatan pasien (patient safety) adalah mengurangi resiko pasien jatuh dalam pelayanan keperawatan di bangsal, dimana keselamatan pasien adalah sebagai acuan dalam peningkatan mutu pelayanan rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui hubungan antara motivasi perawat dengan perilaku penerapan program patient safety dalam pencegahan pasien jatuh di Instalasi Rawat Inap Bedah Rumah Sakit Umum Pusat dr. Kariadi Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional yang melibatkan 42 responden penelitian. Alat penelitian yaitu kuesioner yang berisi karakteristik perawat serta pertanyaan tentang motivasi perawat serta penerapan program patient safety dalam pencegahan pasien jatuh. Hasil penelitian ini menunjukan motivasi perawat di instalasi rawat inap bedah RSUP dr Kariadi Semarang sebanyak 42 perawat dengan nilai rata-rata 74,26% memiliki motivasi kerja cukup baik. Sedangkan penerapan program patient safety dalam penecegahan pasien jatuh di instalasi rawat inap bedah RSUP dr Kariadi mayoritas perawat dengan jumlah 42 perawat dengan nilai rata-rata 83,50% memiliki penerapan pencegahan pasien jatuh dalam kategori baik. Setelah dilakukan uji statistik menggunakan pearson correlation product moment didapatkan tingkat kemaknaan sebesar 0,008 (p<0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,404 (r hitung >0,304) sehingga H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan antara motivasi perawat dengan penerapan program patient safety dalam pencegahan pasien jatuh di instalasi rawat inap bedah RSUP dr Kariadi Semarang. Rekomendasi dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan motivasi perawat yang nantinya dapat meningkatkan kinerja perawat khususnya dalam pencegahan pasien jatuh di rumah sakit sehingga dapat tercapainya tujuan rumah sakit. Kata Kunci : Motivasi, Patient Safety, Pencegahan pasien jatuh Daftar Pustaka : 50 (1991-2013)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:49405
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Nov 2016 09:58
Last Modified:07 Nov 2016 09:58

Repository Staff Only: item control page