Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Minum Obat Anti Tuberkulosis di Balai Kesehatan Paru Masyarakat Wilayah Semarang

Evendi, Devi Merry and Rochana, Nana (2015) Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Minum Obat Anti Tuberkulosis di Balai Kesehatan Paru Masyarakat Wilayah Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

5Mb

Abstract

Tuberkulosis merupakan penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh Mycrobacterium Tuberculosis. Kejadian TB paru di BKPM Wilayah rata-rata mencapai 105 orang setiap bulannya. TB paru dapat disembuhkan apabila dilakukan pengobatan secara teratur selama 6-8 bulan. Tipe pengobatan yang lama mengakibatkan penderita TB paru beresiko mengalami kebosanan yang akan mengakibatkan tidak patuh dalam menjalani pengobatan. Oleh karena itu dukungan keluarga sangat dibutuhkan demi kelancaran pengobatan pasien TB paru. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat anti tuberkulosis di BKPM Wilayah Semarang. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel 105 pasien. Sebanyak 93,3% responden patuh minum obat dan 50,5% responden mendapatkan dukungan keluarga baik. Hasil analisis data menggunakan uji alternatif fisher exact didapatkan nilai p= 0,006 < (α=0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan minum OAT pada pasien TB paru. Berdasarkan hasil penelitian disarankan keluarga dapat memberikan dukungan kepada pasien TB paru. Bagi pelayanan kesehatan diharapkan dapat menerapkan program support grup family dalam mendukung proses pengobatan pasien TB paru.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Tuberkulosis, Dukungan Keluarga, Kepatuhan OAT
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:49401
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Jul 2016 11:15
Last Modified:20 Jul 2016 11:15

Repository Staff Only: item control page