“Hubungan antara Beban Pengasuhan dengan Kualitas Hidup Orang Tua dengan Anak (usia 5-18 tahun) Thalasemia di UTD PMI Kota Semarang”

Krisna, Aditya and Dewi , Nur Setyawati (2013) “Hubungan antara Beban Pengasuhan dengan Kualitas Hidup Orang Tua dengan Anak (usia 5-18 tahun) Thalasemia di UTD PMI Kota Semarang”. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

2487Kb

Abstract

ABSTRAK Aditya Krisna “Hubungan antara Beban Pengasuhan dengan Kualitas Hidup Orang Tua dengan Anak (usia 5-18 tahun) Thalasemia di UTD PMI Kota Semarang” xiv+67 halaman+2 gambar+10 tabel+12 lampiran Thalasemia merupakan penyakit keturunan yang ditandai ketidakmampuan memproduksi eritrosit dan hemoglobin. Kondisi ini menyebabkan penderita thalasemia mengalami ketergantungan pada orang tua sebagai caregiver, dampak ketergantungan tersebut orang tua mengalami beban yang berat terkait tugasnya merawat anaknya yang sakit. Kompleksitas beban pengasuhan seperti tekanan keuangan, mengelola gejala-gejala, gangguan tidur dan masalah hubungan soial akan berdampak pada kualitas hidup orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara beban pengasuhan dengan kualitas hidup orang tua dengan anak Thalasemia di UTD PMI Kota Semarang. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini melibatkan 41 responden yang merupakan orang tua dengan anak Thalasemia. Instrumen yang digunakan untuk beban pengasuhan adalah Zarit Burden Interview dan WHOQOL-BREF untuk kualitas hidup dengan menggunakan analisis uji korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban pengasuhan memiliki hubungan yang sedang dengan kualitas hidup domain fisik (ρ value 0,015, rs=-0,379) dan domain sosial ( value 0,020, rs=-0,362), akan tetapi beban pengasuhan tidak memiliki hubungan dengan kualitas hidup domain psikologis ( value 0,142, rs=-0,233) dan domain lingkungan ( value 0,159, rs=- 0,224) Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban pengasuhan memilki dampak pada kualitas hidup domain fisik dan psikologis orang tua sebagai caregiver, sehingga perawat perlu mengidentifikasi dini tingkat beban yang dialami oleh orang tua sebagai caregiver perlu membentuk support group sebagai sumber untuk melakukan konseling dan dapat memberikan dukungan pada caregiver. Kata kunci: Beban pengasuhan, kualitas hidup, Thalasemia Referensi: 55 (1993-2013)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:49399
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:20 Jul 2016 11:21
Last Modified:20 Jul 2016 11:21

Repository Staff Only: item control page