4th Adult Nursing Practice: Using Evidence in Care “INTEGRASI MULTIPROFESIONAL DALAM END OF LIFE CARE : TEORI DAN PRAKTIK”

Setyawan, Dody and KUSUMA, HENNI, eds. (2016) 4th Adult Nursing Practice: Using Evidence in Care “INTEGRASI MULTIPROFESIONAL DALAM END OF LIFE CARE : TEORI DAN PRAKTIK”. 4th Adult Nursing in Practice : Using Evidence in Care, 1 (1). Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang, pp. 1-150. ISBN 978-602-74417-0-5

[img]
Preview
PDF - Published Version
10Mb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Sejalan dengan pesatnya kemajuan teknologi dan informasi, tuntutan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang berkualitas juga semakin meningkat. Perawat sebagai bagian integral dari pelayanan kesehatan diharapkan mampu memberikan asuhan keperawatan profesional yang terkini meliputi bio-psiko-sosio-spiritual. Perawat juga dituntut untuk selalu berpikir kritis dalam mengambil keputusan perawatan klien, berdasarkan evidence based practice atau bukti terbaik yang ditemukan. Dengan memberikan asuhan keperawatan berbasis evidence diharapkan dapat menghasilkan perawatan klien yang berkualitas, efektif, efisien, dan terstandar. Saat ini, keperawatan di Indonesia masih terus meningkatkan kuantitas dan kualitas aplikasi Evidence Based Nursing Practice dalam pemberian layanan asuhan keperawatan. Aplikasi evidence based nursing ini dapat mencakup dalam semua area keperawatan, termasuk juga dalam memberikan perawatan pada pasien dengan kondisi end of life. Perawatan pasien pada fase ini, meliputi pemenuhan aspek biologi, psikis, sosial, dan spiritual. Pasien tidak hanya perlu pendampingan dan perawatan dari perawat saja, tetapi juga melibatkan semua tenaga kesehatan lain. Setiap tenaga kesehatan memiliki peranan signifikan yang dapat menunjang kesembuhan pasien dalam menghadapi akhir kehidupan. Pada seminar ilmiah kali ini, kami mengangkat tema “Integrasi Multiprofesional dalam End Of Live Care: Teori dan Praktik” yang membahas tentang bagaimana kolabarasi dan peranan masing – masing tenaga kesehatan dalam memberikan perawatan kepada pasien dalam menghadapi akhir kehidupan (end of life). Dengan seminar ini, diharapkan terjadi kolaborasi yang dinamis dengan berorientasi pada kualitas kehidupan pasien dan dapat meningkatkan standar kualitas pelayanan keperawatan di Indonesia.

Item Type:Book
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:49391
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:20 Jul 2016 10:41
Last Modified:20 Jul 2016 10:42

Repository Staff Only: item control page