HUBUNGAN KEAKTIFAN LANJUT USIA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN DENGAN KESEPIAN DI UNIT REHABILITASI SOSIAL PUCANG GADING SEMARANG

Chairunisa, Alnia Rindang and Ardani, M.Hasib (2014) HUBUNGAN KEAKTIFAN LANJUT USIA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN DENGAN KESEPIAN DI UNIT REHABILITASI SOSIAL PUCANG GADING SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

5Mb

Abstract

Kesepian meningkat pada lansia di Unit Rehabilitasi Sosial . Kesepian dapat berkurang dengan cara lansia aktif mengikuti kegiatan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keaktifan lansia dalam mengikuti kegiatan Unit Rehabilitasi Sosial dengan kesepian di Uresos Pucang Gading. Metode penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimental dan design penelitian cross s ectional dengan51 responden. Peneliti menggunakan k uesioner keaktifan telah diuji expert sebelumnya untuk mengukur keaktifan dan kuesioner UCLA untuk mengukur kesepian . Sebagian besar lansia yaitu 33 lansia (64,7 %) adalah aktif sedangkan 1 8 lansia (35,3 % ) kurang aktif. Sebagian besar lansia mengalami kesepian sebesar 26 lansia ( 51%) dengan kesepian rendah 41,2% (21 orang ) dan kesepian sedang 9,8% (5 orang ). Hasil penelitian menunjukkan a da hubungan antara keaktifan lansia dalam mengikuti kegiatan dengan kesepian di Unit Rehabilitasi Sosial Pu cang Gading Semarang dengan χ 2 hitung 9.848 > ( χ 2 tabel ) 5,991, serta hasil p value 0,0 07 < ( α ) 0,05 . Pihak Unit Rehabilitasi Sosial diharapkan dapat mengembangkan berbagai kegiatan baik kegiatan di dalam Unit Rehabilitasi Sosial maupun aktivitas keluar Unit Rehabilitasi Sosial untuk meningkatkan keaktifan lansia sehingga menurunkan kesepian lansia.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:49390
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Jul 2016 10:38
Last Modified:20 Jul 2016 10:38

Repository Staff Only: item control page