HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU IBU TENTANG IMUNISASI DASAR BALITA DI DESA JETIS KECAMATAN KARANGNONGKO KLATEN

Karina, Nola Adinda and Warsito , Bambang Edi (2013) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU IBU TENTANG IMUNISASI DASAR BALITA DI DESA JETIS KECAMATAN KARANGNONGKO KLATEN. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

4Mb

Abstract

ABSTRAK Adinda Nola Karina Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Ibu tentang Imunisasi Dasar Balita di Desa Jetis Kecamatan Karangnongko Klaten xv + 66 halaman + 15 tabel + 2 gambar + 17 lampiran Imunisasi adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan pemberantasan penyakit menular. Angka kematian bayi dan balita yang tinggi di Indonesia menyebabkan turunnya derajat kesehatan masyarakat, salah satu upaya untuk mengatasi masalah ini adalah pemberian imunisasi dasar bagi bayi dan balita secara lengkap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku ibu tentang imunisasi dasar balita di Desa Jetis Kecamatan Karangnongko Klaten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimental desain cross sectional, menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Responden sebanyak 88 responden yang diambil dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang telah dilakukan uji validitas menggunakan korelasi Product moment dan uji reliabilitas dengan tekhnik Alfa cronbach. Analisis data dengan menggunakan Chi square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan dengan perilaku (p value : 0,010) dan ada hubungan antara sikap dengan perilaku (p value : 0,020). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan yang tinggi dan sikap yang positif yang dimiliki ibu tentang imunisasi mendukung perilaku pemberian imunisasi dasar balita. Kata kunci : Pengetahuan dan Sikap, Perilaku, Imunisasi Dasar. Referensi: 27 (2001-2012)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:49386
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:20 Jul 2016 10:55
Last Modified:20 Jul 2016 10:55

Repository Staff Only: item control page