Gambaran Pengetahuan Ibu tentang Infeksi Saluran pernapasan Akut (ISPA) pada Balita di Puskesmas Karangdoro Kota Semarang

Anggraini, Bunga and ZUBAIDAH, ZUBAIDAH (2015) Gambaran Pengetahuan Ibu tentang Infeksi Saluran pernapasan Akut (ISPA) pada Balita di Puskesmas Karangdoro Kota Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

4Mb

Abstract

Salah satu penyakit yang sering menyerang pada balita adalah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Sebagian ibu masih menganggap biasa terhadap penyakit ini dan menganggap tidak berbahaya. Menurut studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, peneliti menemukan data bahwa terjadi peningkatan kasus ISPA pada balita di Puskesmas Karangdoro Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran pengetahuan ibu yang mempunyai balita tentang penyakit ISPA di Puskesmas Karangdoro Kota Semarang. Desain penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh ibu yang membawa balita dengan keluhan ISPA di Puskesmas Karangdoro Kota Semarang sebanyak 142 ibu. Pemilihan sampel dengan teknik sampling non probability sampling yaitu purposive sampling dengan besar sampel sebanyak 104 ibu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 45,2% ibu berpengetahuan baik tentang konsep ISPA, 55,2% ibu berpengetahuan baik tentang pencegahan ISPA, dan 47,1% ibu berpengetahuan kurang tentang perawatan ISPA. Masih banyaknya pengetahuan ibu tentang perawatan yang kurang diharapkan perhatian yang lebih dari tenaga kesehatan atau instansi terkait untuk meningkatkan pengetahuan ibu khususnya tentang perawatan ISPA.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:ISPA, pengetahuan ibu, balita
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:49385
Deposited By:Mr Nurse Diponegoro
Deposited On:20 Jul 2016 10:13
Last Modified:20 Jul 2016 10:13

Repository Staff Only: item control page