GAMBARAN TINGKAT SPIRITUALITAS PADA ORANG DENGAN SKIZOFRENIA (ODS DI POLIKLINIK RAWAT JALAN RSJD D. AMINO GONDOHUTOMO SEMARANG

Rohmatulloh, Ahmad Tajuddin and Sari, Sri Padma (2014) GAMBARAN TINGKAT SPIRITUALITAS PADA ORANG DENGAN SKIZOFRENIA (ODS DI POLIKLINIK RAWAT JALAN RSJD D. AMINO GONDOHUTOMO SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

5Mb

Abstract

Skizofrenia merupakan suatu penyakit otak persisten dan serius yang mengakibatkan perilaku psikotik, pemikiran konkret, dan kesulitan dalam memproses informasi, hubungan interpersonal serta ke sulitan dalam memecahkan masalah. Spititualitas sangat penting ba gi penderita penyakit kronis, seperti skizofrenia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gamba ran tingkat spiritualitas pada orang dengan skizofrenia di Poli klinik Rawat Jalan Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Amino Gondohutomo Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan desain peneliti an deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Jumlah sampel sebanyak 98 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Pengumpul an data menggunakan kuesioner yang terdiri dari karakteristik responden (data demografi dan data klinis) dan tingkat spiritualitas. Analisis univari at menggunakan uji statistik deskriptif untuk memperoleh gambaran karakteristik responden (data demografi dan data klinis) dan tingkat spiritualita s responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang dengan skizofrenia yang memiliki tingkat spiritualitas tinggi sebanyak 52 or ang, sedang sebanyak 42 orang, dan rendah sebanyak 4 orang. Sedangkan kalau berdasarkan aspek kedekatan dengan Tuhan, didapatkan hasil orang deng an skizofrenia yang merasa sedekat mungkin sebanyak 3 orang, sangat dek at sebanyak 22 orang, agak dekat sebanyak 71 orang, dan sama sekali tidak dekat sebanyak 2 orang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan seba gai dasar oleh semua tenaga medis untuk lebih meningkatkan pelayanan kes ehatan keperawatan jiwa kepada para orang dengan skizofrenia, terutama untuk pemenuhan kebutuhan spiritualitasnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:49379
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:20 Jul 2016 09:32
Last Modified:20 Jul 2016 09:32

Repository Staff Only: item control page