Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Aktualisasi Diri Mahasiswa Jurusan Keperawatan Universitas Diponegoro

Widyaningsih, Atun Sa’diyati and Wijayanti, Diyan Yuli (2015) Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Aktualisasi Diri Mahasiswa Jurusan Keperawatan Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

6Mb

Abstract

Aktualisasi diri merupakan kebutuhan psikologis untuk menumbuhkan, mengembangkan, dan menggunakan kemampuan serta mengatur diri sendiri sehingga bebas dari berbagai tekanan dari dalam maupun luar. Menurut Maslow, kurang dari 1% masyarakat yang mampu mencapai aktualisasi diri. Tercapainya aktualisasi diri pada individu tidak terlepas dari adanya dukungan sosial dari orang-orang terdekat individu, salah satunya yaitu dukungan sosial teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan aktualisasi diri mahasiswa Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK UNDIP). Jenis penelitian yaitu kuantitatif non eksperimental dengan deskriptif korelasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling sebanyak 153 sampel. Kuesioner yang digunakan yaitu kuesioner dukungan sosial teman sebaya yang telah dimodifikasi dan kuesioner Short Index of Self-Actualization (SISA). Hasil penelitian menunjukkan 64,1% mahasiswa memiliki dukungan sosial teman sebaya tinggi dan 54,9% mahasiswa memiliki aktualisasi diri tinggi. Hasil uji statistik dengan menggunakan Spearman Rank didapatkan nilai ρ value = 0,015 (ρ < 0,05). Nilai ini menunjukkan adanya hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan aktualisasi diri mahasiswa Jurusan Keperawatan FK UNDIP. Mahasiswa diharapkan dapat berpartisipasi aktif pada kegiatan perkuliahan, baik akademik maupun non akademik untuk meningkatkan aktualisasi dirinya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:aktualisasi diri, dukungan sosial teman sebaya, mahasiswa
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:49374
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:20 Jul 2016 09:32
Last Modified:20 Jul 2016 09:32

Repository Staff Only: item control page