Fleksibilitas Ruang dalam Transformasi Budaya di Kawasan Pasar Tradisional Kota Surakarta (Obyek Studi: Pasar Gede Kota Surakarta)

Aliyah, Istijabatul and Setioko, Bambang and Pradoto, Wisnu (2015) Fleksibilitas Ruang dalam Transformasi Budaya di Kawasan Pasar Tradisional Kota Surakarta (Obyek Studi: Pasar Gede Kota Surakarta). In: Conference on Urban Studies and Development.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

1258Kb

Abstract

Pasar tradisional bukan sekedar sebagai tempat jual beli semata, namun lebih dari itu pasar terkait dengan konsepsi hidup dan interaksi sosial budaya, dan sekaligus sarana rekreasi baik dalam lingkup kawasan maupun kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana fleksibilitas ruang dalam transformasi budaya di kawasan pasar tradisional khususnya Pasar Gede Kota Surakarta, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode1) Analisis Spasial, 2) Category Based Analysis (CBA) , dan 3) Metode Analisis interaktif. Hasil dari penelitian ini bahwa fisik kawasan Pasar Gede adalah ruang yang ada di dalam gedung Pasar Gede dan koridor jalan yang ada diantara bangunan di sekitar Pasar Gede yang dibatasi oleh dinding atau tembok bangunan pertokoan dan lebih jauh adalah sungai Kali Pepe. Sedangkan secara non fisik atau makna ruang bahwa ruang kawasan Pasar Gede tidak memiliki batas secara rigid. Beragam aktivitas silih berganti dengan menempati ruang mikro kawasan Pasar Gede bahkan hingga keluar dari batas sungai Kali Pepe untuk melaksanakan kegiatan berbagai kegiatan. Keyword: Fleksibilitas Ruang, Budaya, Pasar Tradisional

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:49241
Deposited By:JPWK Planologi
Deposited On:03 Jul 2016 21:55
Last Modified:03 Jul 2016 21:55

Repository Staff Only: item control page