HUBUNGAN ANTARA KEPATUHAN BUDAYA DENGAN WAKTU PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI DI DESA PENIRON KECAMATAN PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN

ning, suwarsih and Zubaidah, Zubaidah (2016) HUBUNGAN ANTARA KEPATUHAN BUDAYA DENGAN WAKTU PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI DI DESA PENIRON KECAMATAN PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
5Mb

Abstract

ABSTRAK Ning Suwarsih Hubungan Antara Kepatuhan Budaya Dengan Waktu Pemberian Makanan Pendamping ASI di Desa Peniron Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen xv + 55 Halaman + 12 Tabel + 2 Gambar + 19 Lampiran Makanan Pendamping ASI merupakan makanan atau minuman selain ASI yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan zat-zat gizi pada bayi yang tidak tercukupi oleh ASI. Makanan pendamping ASI diberikan pada bayi mulai usia 6 bulan hingga usia 24 bulan. Meskipun demikian masih terdapat ibu yang memberikan makanan pendamping ASI pada usia kurang dari 6 bulan. Salah satu faktor yang mempengaruhi waktu pemberian makanan pendamping ASI adalah faktor budaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kepatuhan budaya dengan waktu pemberian makanan pendamping ASI di Desa Peniron Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain deskriptif korelatif dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen. Pengambilan sampel menggunakan teknik total samping dengan jumlah sampel 116 ibu yang memiliki balita usia 6-24 bulan. Sebanyak (90,5%) responden memberikan makanan pendamping ASI pada saat bayi berusia kurang dari 6 bulan dan (82,8%) responden patuh terhadap budaya. Hasil analisis menggunakan uji alternatif fisher exact didapatkan nilai p= 0,000 < (α= 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kepatuhan budaya dengan waktu pemberian makanan pendamping ASI. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi responden dapat meningkatkan pengetahuan dengan mencari sumber informasi terkait dengan pemberian makanan pendamping ASI. Bagi pelayanan kesehatan dapat menguatkan program ASI Ekslusif. Kata Kunci: Kepatuhan, Budaya, MPASI Daftar Pustaka: 62 (2002-2014)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:49217
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:30 Dec 2016 10:15
Last Modified:30 Dec 2016 10:15

Repository Staff Only: item control page