Hubungan antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Kesehatan Jiwa Remaja Awal SMP Negeri 3 Pengadegan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga

Mahendroyoko, Yayan and Sari, Sri Padma (2016) Hubungan antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Kesehatan Jiwa Remaja Awal SMP Negeri 3 Pengadegan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
1154Kb
[img]
Preview
PDF
1154Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

3389Kb

Abstract

Kesehatan jiwa dapat dibedakan menjadi kesehatan Psychological well being/kesejahteraan mental dan Psychological distress/mental distress. Psychological well being merupakan suatu kondisi yang menggambarkan life satisfaction, emotional ties dan general positive affect. Psychological distress adalah suatu kondisi yang menggambarkan kesehatan jiwa seseorang yang digambarkan dengan tingkat anxiety, loss of behavioral/emotional control, dan depression. Remaja adalah masa dimana sesorang anak mengenal dunia luar dan jika tidak adanya pendampingan bisa berakibat tidak baik pada psikologinya. Kenakalan remaja, perilaku cemas sampai depresi karena bullying dan sebagainya dapat terjadi pada remaja. Kesehatan jiwa dipengaruhi oleh dukungan sosial, salah satunya dukungan sosial keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan kesehatan jiwa siswa SMP Negeri 3 Pengadegan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian yaitu kuantitatif non eksperimental dengan deskriptif korelasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling sebanyak 108 sampel. Kuesioner yang digunakan yaitu kuesioner dukungan sosial keluarga dan kuesioner Mental Health Inventory (MHI). Hasil penelitian menunjukkan 60,19% siswa memiliki dukungan sosial keluarga tinggi dan 53,70% mahasiswa memiliki kesehatan jiwa positif. Hasil uji statistik dengan menggunakan Spearman Rank didapatkan nilai ρ value = 0,00(ρ < 0,05) dengan koefesien korelasi yaitu (+) 0,678. Nilai ini menunjukkan adanya hubungan positif antara dukungan sosial keluarga dengan kesehatan jiwa siswa SMP Negeri 3 Pengadegan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. Orang tua sebaiknya memberikan perhatian dan dukungan, sehingga remaja dapat memiliki psychological well being.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:49157
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:29 Jun 2016 10:19
Last Modified:29 Jun 2016 10:19

Repository Staff Only: item control page