PENGARUH KADAR ABU GOSOK SELAMA PEREBUSAN DAN LAMA PERENDAMAN AIR TERHADAP KADAR TANIN BUAH DAN TEPUNG MANGROVE (Avicennia marina)

Supriyantini, Endang and Nirwani, Nirwani and Perdana, Yanuar Sandy (2012) PENGARUH KADAR ABU GOSOK SELAMA PEREBUSAN DAN LAMA PERENDAMAN AIR TERHADAP KADAR TANIN BUAH DAN TEPUNG MANGROVE (Avicennia marina). In: SEMINAR NASIONAL KE-II HASIL-HASIL PENELITIAN PERIKANAN DAN KELAUTAN, 4 Oktober 2012, Semarang.

[img]
Preview
PDF
454Kb

Abstract

Buah mangrove mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi sumber pangan yang potensial, akan tetapi adanya racun pada buahnya dianggap berbahaya apabila dikonsumsi dalam jangka panjang. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk menghilangkan atau mengurangi kadar racun dalam buah mangrove, agar dapat meningkatkan potensi dari tanaman mangrove tersebut. Racun yang ada dalam buah mangrove salah satunya adalah tanin. Salah satu alternatif mengurangi kadar racun pada buah mangrove yaitu dengan menggunakan perebusan abu gosok dan perendaman air. Metode ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor dengan 3 kali ulangan, faktor I adalah kadar abu gosok (5%, 10%, dan 15%), dan faktor II adalah lama perendaman air selama 6 jam (dengan 4, 8, 12 kali pergantian air ). Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan perebusan dengan beberapa kadar abu gosok dan lama perendaman air memberikan pengaruh yang nyata (P < 0.05) terhadap penurunan kadar tanin buah mangrove Avicennia marina. Perlakuan perebusan kadar abu gosok 15 % memberikan penurunan paling rendah yaitu 28,92 %dan lama perendaman air selama 6 jam dengan pergantian air 12 kali memberikan penurunan kadar tanin paling rendah yaitu 28,80 %, demikian juga dengan penepungan buah mangrove A.marina akan menurunkan kadar tanin sebesar 28,44%.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:49036
Deposited By:Mr. Sugeng Priyanto
Deposited On:06 Jun 2016 14:03
Last Modified:06 Jun 2016 14:03

Repository Staff Only: item control page