ANALISIS IMPLIKATUR IKLAN HARIAN SUARA MERDEKA: KAJIAN PRAGMATIK

Herlianti, Evi Rusriana (2015) ANALISIS IMPLIKATUR IKLAN HARIAN SUARA MERDEKA: KAJIAN PRAGMATIK. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

238Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

4Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

995Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

28Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

348Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

11Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

Bahasa tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia untuk berkomunikasi. Salah satu cara untuk berkomunikasi bisa menggunakan media massa. Dalam media massa, bahasa yang kreatif sangat penting untuk menyampaikan informasi yang menjadi perhatian pembaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai implikatur yang terkandung dalam iklan dalam Harian Suara Merdeka dan mendeskripsikan mengenai fungsi yang dihasilkan dari implikatur dalam iklan dalam Harian Suara Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis. penelitian dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu 1) penyediaan data, penelitian ini menggunakan metode simak dengan menggunakan teknik catat sebagai teknik lanjutannya, 2) tahap analisis data, peneliti menggunakan metode agih, 3) penyajian hasil analisis data, penelitian ini menganalisis, menafsirkan, dan menyimpulkan dengan metode informal. Berdasarkan dari data penelitian yang diperoleh, analisis implikatur bahasa iklan pada Harian Suara Merdeka dapat diambil beberapa kesimpulan. Pertama, bahwa implikatur penutur dalam Harian Suara Merdeka di atas 1) bermakna harapan penutur kepada pembaca untuk datang di tempat penutur agar bisa membuat kartu, 2) bermakna harapan penutur kepada pembaca untuk datang di tempat penutur guna membuktikan kemudahan dalam pembelian produk, 3) bermakna harapan penutur kepada pembaca untuk datang di tempat penutur guna mencari tahu syarat dan ketentuan agar pembaca bisa meraih hadiah yang ditawarkan, 4) bermakna harapan penutur kepada pembaca untuk hadir di tempat promo, 5) bermakna harapan penutur kepada pembaca untuk menggunakan maskapai penerbangan tersebut, 6) bermakna harapan penutur kepada pembaca untuk mengikuti kegiatan, dan 7) bermakna harapan penutur kepada pembaca untuk datang di tempat penutur guna membeli produk. Kedua, berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa tindak tutur iklan termasuk ke dalam tindak tutur tidak langsung yang menghasilkan tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi. Tindak tutur ilokusi yang muncul adalah direktif, asertif, dan komisif. Dari paparan tersebut, dapat disimpulkan bahwa fungsi implikatur penutur dari harian Suara Merdeka adalah berfungsi 1) mengajak membuat kartu belanja, 2) mengajak pembaca untuk membeli produk, 3) mengajak pembaca untuk mencari informasi selengkap mungkin dengan cara mengunjungi tempat promo, 4) mengajak pembaca untuk mengikuti kegiatan, 5) mengajak untuk mendapatkan hadiah, 6) menjanjikan kemudahan dalam pembelian smartphone, dan 7) memberitahu kebenaran mengenai keunggulan produk.

Item Type:Thesis (Masters)
Additional Information:Pembimbing: Dr. Nurhayati, M.Hum
Uncontrolled Keywords:Implikatur, Teori Relevansi, Iklan, Pragmatik, Implicatures , Relevance Theory , Advertising , Pragmatics
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:48989
Deposited By:Mahasiswa Magister Linguistik
Deposited On:21 Jun 2016 14:39
Last Modified:14 Feb 2018 11:26

Repository Staff Only: item control page