KOMPETENSI TINDAK TUTUR DIREKTIF ANAK USIA PRASEKOLAH (KAJIAN PADA KELOMPOK BERMAIN ANAK CERDAS P2PNFI REGIONAL II SEMARANG

Yuniarti, Yuniarti (2010) KOMPETENSI TINDAK TUTUR DIREKTIF ANAK USIA PRASEKOLAH (KAJIAN PADA KELOMPOK BERMAIN ANAK CERDAS P2PNFI REGIONAL II SEMARANG. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
1980Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi realisasi bentuk pemahaman anak usia prasekolah terhadap Tindak Tutur Direktif (TTD), mengidentifikasi realisasi bentuk-bentuk TTD yang diterbitkan oleh anak usia prasekolah, dan mengidentifikasi keterkaitan perkembangan pemahaman serta penerbitan TTD anak usia prasekolah tersebut dengan kesantunan. Kajian teori yang mendukung penelitian ini adalah teori tentang perkembangan pragmatik anak, teori tentang tindak tutur, teori tentang tindak tutur direktif, dan teori tentang kesantunan. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah penyediaan data. Data yang dimaksud adalah bentuk percakapan yang mengandung tindak tutur direktif. Tahap kedua adalah analisis data dengan menggunakan metode padan pragmatis, yaitu metode yang menggunakan mitra wicara sebagai penentunya. Tahap ketiga adalah penyajian hasil analisis data. Pada penelitian ini data disajikan secara informal. Pada penelitian ini subyek penelitian dikelompokkan dalam tiga kelompok usia yaitu: 1) kelompok usia 3 – 4 tahun, 2) kelompok usia 4 – 5 tahun, dan 3) kelompok usia 5 – 6 tahun. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menanggapi atau merespon TTD, anak usia prasekolah melakukannya dalam dua bentuk utama yaitu mengiyakan atau menolak. Dalam mengiyakan atau menyetujui TTD anak melakukannya dalam dua cara yaitu secara verbal dan non verbal. Demikian pula ketika melakukan penolakan terhadap TTD, anak melakukannya secara verbal maupun non verbal. Perkembangan pemahaman anak usia prasekolah terhadap TTD kaitannya dengan kesantunan menunjukkan adanya penggunaan strategi untuk meminimalkan ancaman terhadap muka negatif yaitu melalui penolakan tidak langsung dengan alasan dan penolakan tidak langsung dengan alternatif. Hasil penelitian untuk penerbitan TTD anak usia prasekolah menunjukkan bahwa ada dua tipe dasar yang muncul yaitu tipe memerintah dan melarang. Tipe memerintah sendiri kemudian dipilah menjadi 5 kategori yaitu: 1) kategori memerintah, 2) kategori meminta, 3) kategori mengajak, 4) kategori menasihati, dan 5) kategori mengkritik. Sedangkan tipe melarang dipilah kedalam dua kategori yaitu kategori melarang dan kategori mencegah. Perkembangan penerbitan TTD kaitannya dengan TTD menunjukkan bahwa untuk menyampaikan direktif anak menggunakan strategi kesantunan direktif sebagaimana teori Brown dan Levinson yaitu dengan: 1) menunjukkan pesimisme, 2) ujaran berpagar, dan 3) meminimalkan paksaan. Pada usia 5 – 6 tahun selain tiga strategi tersebut, mulai muncul bentuk strategi penghormatan dan permintaan maaf. Kata Kunci: Anak Usia Dini, pemahaman, penerbitan, Tindak Tutur Directive (TTD), kesantun Yuniarti: Preschool Children’s Competence on Directive Speech Act (A Case Study on “Anak Cerdas” Playgroup P2PNFI Regional 2 Semarang). Thesis: Post Graduate Programme Diponegoro University, 2010. This research aims to identify the realization of preschool children’s comprehension on Directive Speech Act (DSA), to identify the realization of preschool children’s production on DSA, and the interrelatedness between preschool children’s comprehension and production on DSA and politeness. This research is based on the theory of children’s pragmatic development, speech act theory, directive speech act theory, and theory of politeness. This research is carried out in three steps. The first step is providing the data. The conversations contain DSA used as the data. The second step is analyzing the data. The data is analyzed by using pragmatic identity method which shows the speakers’ meaning based on the hearers’ responses. The third step is presenting the result of data analysis. In this research, the result of the data analysis is presented informally. The subjects of the research are divided into three age groups: 1) 3 – 4 years old children, 2) 4 – 5 years old children, and 3) 5 – 6 years old children. This research uses the purposive sampling to select the subjects of the research. The result of the research shows that in comprehending the DSA, the preschool children use two basic forms; agreeing and disagreeing or refusing. The result of the study shows that in agreeing the DSA, the preschool children may produce utterance (give verbal responses) or do not produce utterance (nonverbal responses). Thus, in refusing the DSA, the preschool children may give verbal responses or nonverbal responses. The development of children comprehension on DSA shows that there are some strategies to minimize the threat toward negative face by using indirect refusal statement; those are giving reasons and giving alternatives. The result of the study on preschool children production on DSA shows that there are two basic types of DSA, those are: ordering and prohibiting. The ordering type is classified into five categories: 1) ordering, 2) requesting, 3) inviting, 4) suggesting, and 5) criticizing. Meanwhile the prohibition type is classified into two categories; prohibiting and preventing. The development of the preschool children on producing DSA and its interrelatedness with the politeness shows that the preschool children use some directive politeness strategies (based on the theory of Brown and Levinson on politeness) those are: 1) showing pessimism, 2) using hedges, and 3) minimizing the pressure. Meanwhile, giving respect and apologizing strategies appear in the age of 5 – 6 years old. Keywords: preschool children, comprehending, producing, directive speech act (DSA), politeness.

Item Type:Thesis (Masters)
Additional Information:Pembimbing: Drs. Mualimin,M.Hum
Uncontrolled Keywords:Anak Usia Dini, pemahaman, penerbitan, Tindak Tutur Directive (TTD), kesantunan.
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:48924
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Jun 2016 09:15
Last Modified:21 Jun 2016 10:41

Repository Staff Only: item control page