IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI DENGAN S-BOX DINAMIS BERGANTUNG PADA KUNCI UTAMA BERBASIS ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES)

Adiyasa, Herdaya and Wasito, Putut Sri and Adhy, Satriyo IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI DENGAN S-BOX DINAMIS BERGANTUNG PADA KUNCI UTAMA BERBASIS ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES). In: Seminar Nasional Ilmu Komputer Undip 2014 : "Inovasi Komputasi dan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pelayanan Publik pada Era Digital", 18 Oktober 2014, Hotel Santika Premier Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

638Kb

Abstract

Advanced Encryption Standard (AES) merupakan sebuah algoritma kriptografi yang ditetapkan National Institute of Standards and Technology (NIST) Amerika sebagai standar untuk algoritma enkripsi data elektronik. Penelitian tentang pengunaan S-box yang dinamis pada AES telah dilakukan sebelumnya dan disimpulkan dapat meningkatkan kompleksitas algoritma AES. Penelitian ini mengimplementasikan penggunaan S-box dinamis dalam algoritma AES tanpa melakukan perubahan operasi dasar AES. Implementasi dilakukan pada berkas citra BMP dengan menggunakan dua mode operasi. Hasil implementasi pada penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan S-box AES menjadi S-box dinamis tidak mempengaruhi efektivitas dari algoritma AES. Hal tersebut dibuktikan dengan uji kemiripan citra asli dengan citra hasil dekripsi yang menunjukkan hasil 100 % pada semua citra uji. Penelitian ini juga membuktikan bahwa penggunaan S-box dinamis pada AES dapat diimplementasikan pada berkas citra. Implementasi pada berkas multimedia jenis lain masih memungkinkan untuk penelitian selanjutnya.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kriptografi, AES, Modifikasi S-box, S-box Dinamis, Citra BMP
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:48888
Deposited By:Mr Satriyo Adhy
Deposited On:16 May 2016 16:26
Last Modified:16 May 2016 16:26

Repository Staff Only: item control page