MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI DENGAN MEMBANGUN MODEL BUDAYA BELAJAR : SEBUAH KAJIAN AWAL

Adhy, Satriyo and Sastramihardja , Husni S MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI DENGAN MEMBANGUN MODEL BUDAYA BELAJAR : SEBUAH KAJIAN AWAL. In: Konferensi Nasional Sistem Informasi 2012, 23 - 25 Pebruari 2012, STIKOM BALI.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

775Kb

Abstract

Kesuksesan sebuah organisasi berbanding lurus dengan peningkatan kinerjanya. Sebagai sebuah sistem, kinerja organisasi terdefinisi sebagai kesuksesannya berinteraksi dengan lingkungan, dengan kata lain adalah beradaptasi. Adaptasi organisasi terhadap lingkungan memerlukan sejumlah sumber daya informasi yang relevan untuk dapat menentukan langkah strategis atau membuat keputusan. Information engineering dilakukan untuk memenuhi peningkatan kebutuhan sumber daya informasi dan hal ini akan berpengaruh terhadap fleksibilitas organisasi. Information engineering dilakukan dengan penerapan pola pikir belajar berkelanjutan sehingga individu mampu mengelola informasi dan meningkatkan pengetahuan yang dimiliki untuk memahami lingkungan dan meningkatkan kinerjanya, kinerja individu ini secara langsung akan meningkatkan kinerja organisasi. Penelitian ini mengkaji penerapan learning menjadi pola pikir individu dalam organisasi. Kajian budaya digunakan dan dipandang sebagai sebuah metode untuk dapat membentuk pola pikir individu dalam mendapatkan, menyalurkan, menyimpan, memanipulasi, dan menampilkan informasi dan meningkatkan pengetahuan. Kajian komunitas diangkat untuk meningkatkan fleksibilitas dan berbagi pola pikir. Kajian komunitas disajikan secara implisit dalam konsep organisasi. Makalah ini menyampaikan cara pandang konseptual hingga menghasilkan kandidat konstruk pada proses konseptualisasi mengenai peluang dari model budaya belajar dari kajian budaya, belajar, dan konsep komunitas dengan tujuan meningkatkan kemampuan pengelolan informasi dan pengetahuan yang secara langsung meningkatkan kinerja organisasi.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:kinerja organisasi, adaptasi organisasi, information engineering, budaya belajar, komunitas, interaksi
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:48886
Deposited By:Mr Satriyo Adhy
Deposited On:16 May 2016 16:02
Last Modified:16 May 2016 16:17

Repository Staff Only: item control page