Analisis Stok Udang Jerbung (Penaeus merguiensis de Man ) Menggunakam Model Hasil Relatif Per Rekruit (Y’/R) Di Laguna Segara Anakan Cilacap

Saputra, Suradi Wijaya and Subiyanto, Subiyanto (2007) Analisis Stok Udang Jerbung (Penaeus merguiensis de Man ) Menggunakam Model Hasil Relatif Per Rekruit (Y’/R) Di Laguna Segara Anakan Cilacap. In: SEMINAR NASIONAL PERIKANAN DAN KELAUTAN : “Pengembangan IPTEK Perikanan dan Kelautan Berkelanjutan dalam Mendukung Pembangunan Nasional”, 28 Agustus 2007, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
514Kb

Abstract

Penaeus merguiensis merupakan komponen utama produksi udang perikanan pantai Cilacap. Pada perairan Segara Anakan P. merguiensis merupakan produksi terbesar kedua setelah udang jari (Metapenaeus elegans), yaitu mencapai 13% dari total produksi udang di Segara Anakan, sehingga secara ekonomis dan ekologis menduduki peranan yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji stok udang P. merguiensis berdasarkan model hasil Y’/R, sehingga dapat diperoleh ukuran optimum yang seharusnya ditangkap, sehingga dapat dijadikan dasar dalam pengelolaan udang jerbung di Laguna Segara Anakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produksi udang P. merguiensis akan maksimum berkelanjutan jika ukuran yang pertama tertangkap (Lc) pada panjang karapas > 22,5 mm, dengan laju eksploitasi 0,82/tahun. Pengelolaan udang P. merguiensis dilakukan dengan dua alternatif model pendekatan yaitu dengan peningkatan ukuran udang yang boleh ditangkap dan pengurangan laju eksploitasi. Ukuran udang yang boleh ditangkap pada panjang karapas di atas 22,5 mm, sedangkan julah apong yang boleh beroperasi maksimum 1.228 unit atau setara dengan 37.272 trip apong.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:48738
Deposited By:Mr. Sugeng Priyanto
Deposited On:02 May 2016 19:00
Last Modified:02 May 2016 19:00

Repository Staff Only: item control page