PROSES PEMBUATAN BALSEM DARI MINYAK KELAPA DENGAN VARIABEL SUHU PENGEPRESAN MENGGUNAKAN SCREW PRESS (Process Making Balm of Virgin Coconut Oil with Temperature Variables Pressing Using Screw Press)

WIBAWA, SATRIYA TRIADHI (2016) PROSES PEMBUATAN BALSEM DARI MINYAK KELAPA DENGAN VARIABEL SUHU PENGEPRESAN MENGGUNAKAN SCREW PRESS (Process Making Balm of Virgin Coconut Oil with Temperature Variables Pressing Using Screw Press). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF (COVER) - Published Version
9Kb
[img]
Preview
PDF (HALAMAN PENGESAHAN, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI) - Published Version
192Kb
[img]
Preview
PDF (BAB I) - Published Version
182Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II) - Published Version
264Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III) - Published Version
84Kb
[img]
Preview
PDF (BAB IV) - Published Version
104Kb
[img]PDF (BAB V) - Published Version
Restricted to Repository staff only

402Kb
[img]PDF (BAB VI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

432Kb
[img]PDF (BAB VII) - Published Version
Restricted to Repository staff only

180Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Published Version
181Kb
[img]
Preview
PDF (LAMPIRAN) - Published Version
428Kb

Abstract

Kelapa (CocosnuciferaL.) adalah salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam suku aren-arenan (arecaceae). Semua bagian pohon kelapa dapat dimanfaatkan, mulai dari bunga, batang, pelepah, daun, buah, bahkan akarnya pun dapat dimanfaatkan. Daging buah kelapa mengandung minyak yang cukup banyak, menurut penilitian daging buah kelapa tua yang memiliki kandungan minyak terbanyak yaitu 34,7% dari berat daging buah. Minyak kelapa (Virgin Coconut Oil) merupakan minyak nabati yang dipergunakan untuk minyak goreng, bahan pembuatan mentega, parfum, balsem, pelembab dan pemoles peralatan stainless steel. Minyak kelapa lebih baik dari minyak goreng pada umumnya karena tidak mudah berbau tengik dan asam lemak jenuh yang lebih rendah dari minyak goreng. Dalam industri sabun, minyak kelapa digunakan untuk campuran sampo, sabun badan dan kondisioner. Pada bidang kesehatan minyak kelapa bermanfaat untuk mengendalikan gula darah, membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dan meredakan iritasi pada kulit. Balsem merupakan produk kimia sederhana yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Balsem digunakan sebagai obat gosok untuk menghangatkan bagian tubuh tertentu, meredakan rasa gatal, meringankan perut kembung selain itu dapat juga digunakan untuk pijat dan urut. Bahan pembuat balsem adalah minyak, semua minyak yang digunakan berfungsi untuk memberikan aroma dan rasa hangat. Kata Kunci : Kelapa, Minyakkelapa, balsem

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:48592
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Apr 2016 10:36
Last Modified:15 Apr 2016 10:36

Repository Staff Only: item control page