THE EFFECTIVENESS OF JAPANESE SHORT ANIME CARTOON MOVIES IN TEACHING LEARNING PROCESS OF WRITING DESCRIPTIVE TEXT (At SMP N 1 Kesesi Kab Pekalongan in the Academic Year of 2013/2014)

Kurniadi, Didit (2014) THE EFFECTIVENESS OF JAPANESE SHORT ANIME CARTOON MOVIES IN TEACHING LEARNING PROCESS OF WRITING DESCRIPTIVE TEXT (At SMP N 1 Kesesi Kab Pekalongan in the Academic Year of 2013/2014). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
2922Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

Kurniadi, Didit. 2014. Keefektifan film anime kartun jepang dalam proses pembelajaran menulis teks deskriptif (studi kasus SMP N 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan tahun pembelajaran 2013/2014). Tesis. Program Pascasarjana linguistik. Universitas Diponegoro Semarang. Pembimbing: Dr. Suwandi, M.Pd Sebagai pembelajar bahasa asing, bahasa inggris termasuk sulit dikuasai. Ada beberapa problem bagi para siswa untuk belajar bahasa inggris mengingat banyak sekali peraturan terkait bahasa inggris seperti tata bahasa, preposisi, dll terlebih dalam bahasa tulis. Kendala mereka karena jarangnya menggunakan bahasa inggris dan sulist untuk mengembangkan topic yang akan mereka tulis. Siswa juga sudah mempunyai banyak beban belajar untuk dicapai seperti pelajaran matematika, IPA, seni, dll jadi mereka tidak hanya fokus pada pelajaran bahasa inggris saja. Mereka juga sebagai pembelajar usia muda butuh sesuatu yang dapat menyenangkan mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bagaimana film kartun anime Jepang bias efektif dalam pembelajaran teks deskriptif dan untuk menemukan factor-faktor yang mempengaruhi keefektifan tersebut. Desain penelitian menggunakan penelitian eksperiment dengan populasi dari siswa SMP 1 Kesesi dan sampel dua kelas. Hasil dari rata-rata nilai kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 72.14 dan 74.85. Setelah menerapkan t-test formula, perbedaan itu dinilai signifikan dimana t-table 2.03 dan t-test lebih tinggi 2.38. Dengan kata lain, nilai t-test nya lebuh besar dari t-table. Jadi dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen lebih mempunyai hasil yang lebih dari pada kelas kontrol dan dapat dikatakan bahwa film anime kartun jepang itu efektif dalam pemebelajaran teks deskriptif. Kata Kunci: Menulis, Animasi Jepang, Film, Bahasa Inggris, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Diskriptif

Item Type:Thesis (Masters)
Additional Information:Advisor: Dr. Agus Subiyanto, M.A
Uncontrolled Keywords:Menulis, Animasi Jepang, Film, Bahasa Inggris, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Diskriptif
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:48571
Deposited By:Mahasiswa Magister Linguistik
Deposited On:27 Apr 2017 09:41
Last Modified:15 Feb 2018 09:47

Repository Staff Only: item control page