The Role of Cohesive Markers in Making Coherence in the Abstract Section of English Department Students’ Thesis and Final Projects

Firmanti, Gloria (2016) The Role of Cohesive Markers in Making Coherence in the Abstract Section of English Department Students’ Thesis and Final Projects. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
457Kb

Abstract

Skripsi adalah sebuah karya tulis berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan merupakan syarat kelulusan bagi mahasiswa. Dalam skripsi, ada abstrak yang merupakan ringkasan dari keseluruhan isi skripsi. Abstrak ditulis secara singkat dan jelas untuk mempermudah pembaca mengetahui isi skripsi tanpa harus membaca keseluruhan teks. Oleh karena itu, skripsi haruslah merupakan sebuah teks yang koheren dan mudah dipahami. Dalam skripsi ini, penulis ingin melihat peran pemarkah kohesi dalam menciptakan koherensi pada abstrak yang ditulis oleh mahasiswa Sastra Inggris. Penulis juga mencari tahu kecenderungan penggunaan pemarkah kohesi pada data yang ada.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis pemarkah kohesi yang digunakan dalam abstrak yang ditulis oleh mahasiswa Sastra Inggrisdan mencari tahu bagaimana peran pemarkah kohesi dalam membentuk koherensi hingga menciptakan teks yang efektif dan mudah dipahami. Pada skripsi ini penulis membatasi data hanya pada abstrak mahasiswa Sastra Inggris tahun 2010 dan 2011 yang ditulis dalam Bahasa Inggris. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan Teknik Catat. Sedangkan untuk menganalisa, penulis menggunakan Metode Padan Referensial dan Inferensial. Penulis juga menggunakan Teknik Lesap, Teknik Sisip, dan Teknik Ganti dari Metode Agih. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa koherensi pada teks tidak selalu ditunjukkan oleh pemarkah kohesi yang eksplisit, tetapi juga implisit. Pemarkah kohesi implisit ini bisa ditentukan dari konteks yang ada dalam teks tersebut.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:Faculty of Humanities > Department of English
ID Code:48556
Deposited By:mrs sastra inggris
Deposited On:13 Apr 2016 10:21
Last Modified:13 Apr 2016 10:21

Repository Staff Only: item control page