WINARSIH, TRISNI (2005) PERBEDAAN PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI DAN SIKAP SEKS PRANIKAH ANTARA YANG MENGIKUTI CERAMAH DAN DISKUSI KELOMPOK (STUDI PADA SISWA KELAS 2 MAN III YOGYAKARTA).THE KNOWLEDGE DIFFERENCE ABOUT REPRODUCTION HEALTH AND ATTITUDE SEX BEFORE MARRIED WHO FOLLOW THE SPEECH AND GROUP DISCUSSION (A STUDY ON SECOND GRADE STUDENTS OF MAN III YOGYAKARTA). Undergraduate thesis, Diponegoro University.
| PDF - Published Version 14Kb |
Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id
Abstract
Berbagai masalah kesehatan reproduksi yang dihadapi remaja di sebabkan oleh kurangnya akses informasi kesehtan reproduksi yang benar pada remaja. Sekolah merupakan lembaga representatif untuk mentranfer informasi tentang kesehtan reproduksi, oleh karena itu perlu dimasukannya pendidikan kesehatan reproduksi dalam kurikulum pendidikan sekolah. Metode pendidikan yang baik untuk meningkatkan pengetahuan adalah ceramah. Metode pendidikan yang baik untuk meningkatkan sikap adalah diskusi kelompok. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan perilaku kesehatan reproduksi siswa antara yang mengikuti ceramah dan diskusi kelompok. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian one group pre test post test desain. Sampel dikelompokkan menjadi 2 yaitu kelompok ceramah dan diskusi kelompok. Jumlah sampel perkelompok 68 orang. Sampel dipilih melalui sampel random sampling dengan mengundi nama kelas 2 yang ada diambil 5 kelas. Data dianalisis dengan uji t paired sampel dan uji t. independent sampel dengan taraf signifikansi 0,1%. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pengetahuan siswa tentang kesehatan reproduksi dan peningkatan sikap siswa tentang seks pranikah setelah mengikuti ceramah. Ada peningkatan pengetahuan siswa tenteng kesehatan reproduksi dan peningkatan sikap siswa tentang seks pranikah setelah mengikuti diskusi kelompok. Ada perbedaan perilaku kesehatan reproduksi siswa antara yang mengikuti ceramah dan diskusi kelompok. Any kind of reproduction health problems that are faced by teenagers is due to the lack of information access on proper reproduction health in teenagers. A school is a representative institution for transferring the information about reproduction health. Therefore, it is necessary to include the education of reproduction health in the school education curriculum. A good education method to increase the knowledge is a speech. Meanwhile, a good education method for improving the attitude is a group discussion. The aim to the research is to know about the behaviour difference of reproduction health among students who follow the speech and group discussion. The research is a kind of apparent experiment with the research design of one group pre test and post test. Sample was clssified into 2 groups, namely speech group and group discussion. The sample amount per group are 68 people. Samples were chosen through random sampling by drawing the name of second grade that was taken 5 classes. Data was analyzed with t paired sample test and t independent sample test with significance level of 1%. The result of the research demonstrates that there is an increasing on students knowledge about reproduction health and the increasing on students attitude about sex before married after joining the group discussion. There is a behaviour difference of reproduction health among students who follow the speech and group discussion. Kata Kunci: Pengetahuan kesehatan reproduksi, seks pranikah, metode ceramah, Metode diskusi kelompok, siswa.Knowledge reproduction health, attitude sex before marriade, speech method, group discussion method, students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Faculty of Public Health > Department of Public Health |
ID Code: | 4849 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 21 Jan 2010 09:07 |
Last Modified: | 21 Jan 2010 09:07 |
Repository Staff Only: item control page