MITIGASI KETERANCAMAN MUKA PADA TINDAK TUTUR DIREKTIF BAHASA JEPANG DALAM NOVEL KICCHIN

Aryanto, Bayu (2011) MITIGASI KETERANCAMAN MUKA PADA TINDAK TUTUR DIREKTIF BAHASA JEPANG DALAM NOVEL KICCHIN. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
3076Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

Komunikasi verbal yang dinilai berpotensi menjadi ancaman muka para peserta tutur adalah tindak tutur direktif. Untuk memitigasi keterancaman muka peserta tutur, strategi kesantunan verbal harus diterapkan dalam proses komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian tentang mitigasi keterancaman muka tindak tutur direktif dengan dua fokus penelitian, yaitu (1) strategi apa yang digunakan penutur untuk memitigasi keterancaman muka dalam tindak tutur direktif; (2) bagaimana cara penutur dalam mengungkapkan strategi mitigasi keterancaman muka. Data-data penelitian ini berupa penggalan-penggalan wacana yang terdapat di dalam novel Kicchin karya Yoshimoto Banana. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi strategi-strategi kesantunan sebagai upaya para peserta tutur untuk memitigasi tindak tutur yang mengancam muka. Ancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Dalam penelitian ini tidak digunakan data-data berupa angka yang digunakan untuk perhitungan statistik. Berdasar analisis data diperoleh hasil bahwa penutur menggunakan startegi untuk memitigasi keterancaman muka setiap tuturan direktifnya dengan satu atau lebih strategi. Dilihat dari jumlah strategi yang muncul di setiap tuturan direktif, terdapat lima kategori, yaitu (1) tuturan direktif dengan satu strategi mitigasi, (2) tindak tutur direktif dengan dua strategi mitigasi, (3) tindak tutur direktif dengan tiga strategi mitigasi, (4) tindak tutur direktif dengan empat strategi mitigasi, dan (5) tindak tutur direktif dengan lima strategi mitigasi. Dilihat dari posisi munculnya usaha mitigasi yang dilakukan penutur terhadap tindak tutur direktifnya, maka terdapat empat kriteria, yaitu (1) inklusif pada tindak tutur direktif; (2) pratindak tutur dan inklusif pada tindak tutur direktif; (3) pascatindak tutur dan inklusif pada tindak tutur direktif; dan (4) pra-pasca dan inklusif pada tindak tutur direktif.

Item Type:Thesis (Masters)
Additional Information:Advisor: Prof. Dr. Rustono, M.Hum.
Uncontrolled Keywords:tindak tutur direktif, keterancaman muka, kesantunan positif dan negatif, keigo, directive speech act, face threatening, positive and negative politeness, keigo
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:48482
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Nov 2016 09:01
Last Modified:27 Feb 2018 11:27

Repository Staff Only: item control page