PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2010-2014

Kayati, Ima Nur and Wahyudi, Sugeng and PENGESTUTI, Irene Demi (2016) PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2010-2014. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]Microsoft Word
318Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh mekanisme corporate governance yang diproksi oleh kepemilikan institusional, aktivitas dewan komisaris, ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen, ukuran komite audit dan leverage terhadap nilai perusahaan (TobinsQ) pada perusahaan perbankan yang listed di BEI periode Tahun 2010-2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang listed di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2014. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Sampel diambil dari Indonesian Capital Market Directory periode 2010-2014. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan level of significance 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian tidak ditemukan ditemukan adanya penyimpangan asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa ukuran dewan komisaris dan leverage berpengaruh secara parsial signifikan terhadap nilai perusahaan (TobinsQ) perusahaan perbankan periode 2010-2014 pada level of significance kurang dari 5%.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
ID Code:48467
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:05 Apr 2016 14:48
Last Modified:05 Apr 2016 14:48

Repository Staff Only: item control page