PERUBAHAN FONOLOGIS KOSAKATA SERAPAN SANSEKERTA DALAM BAHASA JAWA (ANALISIS FITUR DISTINGTIF DALAM FONOLOGI TRANSFORMASI GENERATIF)

Zen, Abdul Latif (2016) PERUBAHAN FONOLOGIS KOSAKATA SERAPAN SANSEKERTA DALAM BAHASA JAWA (ANALISIS FITUR DISTINGTIF DALAM FONOLOGI TRANSFORMASI GENERATIF). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
1601Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

Salah satu akibat dari kontak bahasa adalah terdapatnya kosakata serapan dalam sebuah bahasa. Sebenarnya, tidak mudah bagi kita untuk menentukan apakah sebuah kata merupakan kosakata serapan atau tidak. Hal itu disebabkan karena sebagian kata-kata asing itu telah lama diserap, dan frekuensi pemakaiannya sangat tinggi sehingga tidak terasa lagi sebagai kata-kata asing, terlebih lagi, jika kata-kata itu sudah mengalami perubahan bentuk. Dalam bahasa Jawa banyak sekali terdapat kosakata serapan terutama (dan paling banyak) berasal dari bahasa Sansekerta, dan penelitian mengenai hal tersebut juga sudah banyak dilakukan sebelumnya. Meskipun begitu, belum ada satupun penelitian terdahulu yang membahas perubahan fonologis dari kosakata serapan Sansekerta yang menggunakan analisis fitur distingtif dalam kajian fonologi generatif seperti dalam penelitian ini. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui proses perubahan bunyi kosakata Sansekerta beserta kaidah-kaidahnya, dan faktor penyebab perubahannya. Data yang digunakan di sini berupa kosakata Sansekerta yang terdapat dalam buku Sanskrit in Indonesia (J. Gonda 1973) yang telah dikonversi menjadi trankripsi fonetis sesuai standar IPA (International Phonetic Alphabet). Penelitian ini menggunakan metode simak (observasi) dengan teknik simak bebas libat cakap. Hasil temuan dalam penelitian ini berupa proses perubahan bunyi beserta kaidah-kaidahnya seperti: (1) Perubahan segmen bunyi; (2) Pemunculan atau penyisipan bunyi; (3) Penghilangan atau pelesapan bunyi; (4) Fusi atau perpaduan bunyi (5) pergeseran posisi bunyi atau metatesis. Adapun faktor yang menyebabkan perubahan bunyi tersebut karena adanya pengaruh eksternal yaitu sistem fonologi dan jumlah fonem antara bahasa Sansekerta dan bahasa Jawa yang berbeda, yang imbasnya menjadi pengaruh internal yaitu saling mempengaruhi antara bunyi-bunyi yang berdekatan dalam sebuah kata

Item Type:Thesis (Masters)
Additional Information:Pembimbing: Dr. Agus Subiyato, M.A.
Uncontrolled Keywords:proses fonologis, kosakata serapan, bahasa Sansekerta, bahasa Jawa.
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:48453
Deposited By:Mahasiswa Magister Linguistik
Deposited On:06 Apr 2016 06:23
Last Modified:12 Feb 2018 10:59

Repository Staff Only: item control page