PRODUKSI DAN KUALITAS JERAMI TANAMAN PROSO MILLET (P. miliaceum L.) DENGAN PEMBERIAN BERBAGAI ARAS UREA DAN PUPUK KANDANG

RIZKI, Akhmad and PANGESTU, Eko and PURBAJANTI, Endang Dwi (2016) PRODUKSI DAN KUALITAS JERAMI TANAMAN PROSO MILLET (P. miliaceum L.) DENGAN PEMBERIAN BERBAGAI ARAS UREA DAN PUPUK KANDANG. Undergraduate thesis, Peternakan.

[img]
Preview
PDF
1288Kb
[img]
Preview
PDF
276Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

339Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

370Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

406Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

702Kb

Abstract

AKHMAD RIZKI. 23010111130209. 2016. Produksi dan Kualitas Jerami Tanaman Proso Millet dengan Pemberian Berbagai Aras Urea dan Pupuk Kandang (Production and Quality of Proso Millet with Urea and Manure). (Pembimbing : EKO PANGESTU dan ENDANG DWI PURBAJANTI). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kadar bahan kering, serat kasar dan protein kasar jerami tanaman proso millet yang ditanam dengan perlakuan berbagai aras urea dan pupuk kandang. Penelitian dilaksanakan pada bulan September sampai Desember 2014 di Rumah Kaca dan penelitian secara Laboratoris di Laboratorium Ilmu Nutrisi Pakan, dan Laboratorium Ekologi dan Produksi Tanaman, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Materi yang digunakan meliputi pot ukuran 30 liter berjumlah 18, gunting, alat tulis serta bahan yang digunakan adalah biji tanaman proso millet yang didapat dari Balai Tanaman Serealia di Soropadan. Tanah yang digunakan adalah tanah jenis latosol yang didapat dari daerah Tembalang dengan massa 10 kg per pot, pupuk urea dan pupuk kandang. Rancangan penelitian menggunakan rancangan acak lengkap pola faktorial 2 x 3 dengan 3 kali ulangan. Faktor pertama terdiri atas M0 (tanpa pupuk kandang) dan M1 (pupuk kandang) dengan taraf 5 ton/ha, sedangkan faktor kedua adalah pemberian aras urea dengan level 50, 100, dan 150 kg N/ha. Parameter yang diamati adalah produksi dan kandungan bahan kering, serat kasar dan protein kasar. Data dianalisis berdasarkan sidik ragam dan apabila ada pengaruh dari perlakuan akan dilanjutkan dengan uji wilayah ganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada interaksi antara pemberian pupuk kandang dengan urea. Pupuk kandang tidak berpengaruh pada kandungan bahan kering,serat kasar dan protein kasar. Perlakuan urea tidak berpengaruh pada kandungan bahan kering tetapi berpengaruh pada kandungan serat kasar dan protein kasar. Kandungan serat kasar dan protein kasar dari pemupukan N1, N2 dan N3 masing- masing sebesar 36,93; 38,74;43,62% dan 4,28; 3,72; 6,03%. Simpulan penelitian ini bahwa pemupukan 150 kg N/ha menghasilkan nutrien jerami proso millet yang terbaik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:48446
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:04 Apr 2016 13:50
Last Modified:04 Apr 2016 13:50

Repository Staff Only: item control page