TAMPILAN FERNING PRE - POST INSEMINASI BUATAN BERDASARKAN UMUR SAPI SIMPO F1 DAN F2 DI KECAMATAN PATEAN, KABUPATEN KENDAL

ANDINI, Nurul Ayu and SETIATIN, Enny Tantini and SUTOPO, Sutopo (2016) TAMPILAN FERNING PRE - POST INSEMINASI BUATAN BERDASARKAN UMUR SAPI SIMPO F1 DAN F2 DI KECAMATAN PATEAN, KABUPATEN KENDAL. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan & Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
160Kb
[img]
Preview
PDF
8Kb
[img]
Preview
PDF
503Kb
[img]
Preview
PDF
102Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1476Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

292Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

545Kb

Abstract

NURUL AYU ANDINI. 23010111120054. 2016. TAMPILAN FERNING PRE - POST INSEMINASI BUATAN BERDASARKAN UMUR SAPI SIMPO F1 DAN F2 DI KECAMATAN PATEAN, KABUPATEN KENDAL (Ferning Performance of Pre - Post Artificial Insemination Based on Age of Simpo F1 And F2 at PateanSub-District, Kendal District) (Pembimbing : ENNY TANTINI SETIATIN dan SUTOPO). Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan tampilan berahi dan kualitas lendir serviks (ferning) berdasarkan umur pada sapi SIMPO F1 dan F2. Hasil dari penelitian ini diharapkan memberikan informasi kepada peternak tentang tampilan reproduksi sapi peranakan SIMPO. Materi dalam penelitian adalah 20 ekor sapi SIMPO betina masing masing 7 ekor F1 dan 13 ekor F2 milik peternak rakyat, dengan menggunakan kisaran umur berdasarkan gigi sapi. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah pH indikator, jangka sorong, termometer, mikroskop, kotak penyimpanan preparat lendir serviks,object glass, cotton bud, hands glove, kamera, kertas label dan alat tulis. Bahan yang digunakan adalah lendir serviks sapi SIMPO F1 dan F2. Metode penelitian dilaksanakan secaraobservasional, langsung di lapangan. Variabel yang diamati adalah tampilan berahi yang meliputi perubahan tampilan berahi (abang, aboh, anget), kondisi fisiologis vulva (suhu, ketebalan vulva) serta pHlendir serviks, perubahan tingkah laku, perubahan ereksi uterus, perubahan lendir serviks meliputi kelimpahan dan konsistensilendir serviks dan gambaran ferning. Pengamatan dilakukan 6 jam pertama (Pre-IB) dan setiap 6 jam (Post-IB) selama 24 jam pada kondisi berahi, dan pengamatan gambaran ferning dengan menggunakan mikroskop dengan perbesaran 10x10 untuk melihat preparat lendir serviks. Sapi SIMPO memiliki gambaran daun pakis (ferning) yang sama yaitu semakin mendekati puncak berahi maka gambaran ferning akan semakin jelas dan nyata membentuk daun pakis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa performa tampilan ferning dan tampilan berahi sapi SIMPO F1 lebih baik dibandingkan sapi SIMPO F2.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:48445
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Apr 2016 13:41
Last Modified:23 May 2017 09:26

Repository Staff Only: item control page