Perbedaan Asupan Zat Gizi Makro Sebelum dan Setelah Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) Bubur Instan Berbasis Ikan Gabus dan Labu Kuning pada Balita Gizi Kurang

Kusumawati, Hasri Ndaru and Noer, Etika Ratna (2016) Perbedaan Asupan Zat Gizi Makro Sebelum dan Setelah Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) Bubur Instan Berbasis Ikan Gabus dan Labu Kuning pada Balita Gizi Kurang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Submitted Version
650Kb

Official URL: http://expocpnsbumn.blogspot.co.id/s

Abstract

Latar Belakang: Gizi kurang umumnya disebabkan oleh asupan zat gizi yang tidak adekuat. Asupan zat gizi pada anak dapat ditentukan oleh praktik pemberian makan. Makanan pendamping ASI (MP-ASI) yang tepat dibutuhkan pada anak usia diatas 6 bulan untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang meningkat. Ikan gabus dan labu kuning merupakan bahan lokal yang dapat dimanfaatkan menjadi MP-ASI yang bergizi bagi anak. Tujuan: Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan asupan zat gizi makro sebelum dan setelah pemberian MP-ASI bubur instan berbasis ikan gabus dan labu kuning pada balita gizi kurang. Metode: Desain penelitian ini adalah one group pre test and post test design dengan subjek penelitian berjumlah 10 anak gizi kurang usia 12-24 bulan di Kelurahan Bandarharjo, Semarang. Intervensi yang diberikan berupa MP-ASI berbasis ikan gabus dan labu kuning sebanyak 20 gram per sajian dengan pemberian 3 kali sehari selama 14 hari. Asupan zat gizi diukur menggunakan formulir Food Recall 24 jam. Analisis statistik yang digunakan adalah uji Paired t Test, Wilcoxon dan uji Regresi linier ganda Hasil: Terdapat perbedaan secara bermakna (p<0,05) asupan energi, karbohidrat, lemak dan protein sebelum dan setelah pemberian MP-ASI bubur instan berbasis ikan gabus dan labu kuning. Rerata peningkatan asupan energi adalah 183,19±85,42, karbohidrat 30,21±12,65, lemak 3,49±4,36 dan protein 7,78±4,34 setelah intervensi. Setelah dikontrol dengan variabel perancu, ada pengaruh yang signifikan baik asupan intervensi maupun asupan selain intervensi terhadap asupan setelah intervensi (p<0,05). Simpulan: Terdapat perbedaan secara bermakna asupan energi, karbohidrat, lemak dan protein sebelum dan setelah pemberian MP-ASI bubur instan berbasis ikan gabus dan labu kuning.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:balita gizi kurang, MP-ASI, ikan gabus, labu kuning
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:48420
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:01 Apr 2016 13:16
Last Modified:01 Apr 2016 13:16

Repository Staff Only: item control page