PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAPSTRUKTUR MODAL (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2014)

IRYANTI, Ika and PENGESTUTI, Irene Demi (2016) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAPSTRUKTUR MODAL (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2014). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
288Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel ukuran dewan direksi, komisaris independen, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap debt equity ratio dengan menggunakan variabel kontrol firm size dan return on asset pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2011-2014. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling.Sampel sebanyak 22 perusahaan dari 165 perusahaan yang terdaftar di BEI.Data diambil dari Laporan Tahunan melalui laman (www.idx.co.id) periode 2011-2014.Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan level of significance 5%.Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal.Berdasarkan hasil penelitian tidak ditemukan adanya penyimpangan asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa ukuran dewan direksi, kepemilikan manajerial berpengaruh secara signifikan terhadap debt equity ratio pada level of significance kurang dari 5%, komisaris independen dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh secara signifikan terhadap debt equity ratio pada level of significance lebih dari 5%.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:48405
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 Mar 2016 16:27
Last Modified:31 Mar 2016 16:27

Repository Staff Only: item control page