UPAYA PENINGKATAN KINERJA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MELALUI ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ASET STRATEJIK DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Penelitian pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di bidang fashion Kota Semarang)

SINAGA, Afina Hasya and Mangunwihardjo, Suyudi and SUGIARTO, Yohanes (2016) UPAYA PENINGKATAN KINERJA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MELALUI ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ASET STRATEJIK DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Penelitian pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di bidang fashion Kota Semarang). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
426Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji serta menganalisis pengaruh dari orientasi kewirausahaan dan aset stratejik terhadap tercapainya keunggulan bersaing UMKM bidang fashion di Kota Semarang yang kemudian akan mempengaruhi kinerja perusahaan. Sebanyak 148 responden mengisi kuesioner yang menjadi alat bantu penelitian tesis ini. Data diolah dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program Analysis of Moment Structure (AMOS) versi 21.0. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dengan nilai CR = 11.008. Melalui pengolahan data diketahui aset stratejik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dengan nilai CR = 7.652. Pengaruh selanjutnya yang memiliki hasil positif dan signifikan adalah orientasi kewirausahaan terhadap kinerja perusahaan dengan nilai CR = 7.399 dan aset stratejik terhadap kinerja perusahaan dengan nilai CR = 8.172. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa keunggulan bersaing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan dengan nilai CR = 7.873.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:48394
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 Mar 2016 13:54
Last Modified:31 Mar 2016 13:54

Repository Staff Only: item control page