MENINGKATKAN KINERJA BISNIS MELALUI KEUNGGULAN BERSAING KULINER KHAS SEMARANG (Studi Pada Sentra Usaha Mikro Lumpia, Bandeng Presto dan Wingko di Kota Semarang)

Febriatmoko, Bogy and Sugiarto PH, J. and RAHARDJO, Susilo Toto (2015) MENINGKATKAN KINERJA BISNIS MELALUI KEUNGGULAN BERSAING KULINER KHAS SEMARANG (Studi Pada Sentra Usaha Mikro Lumpia, Bandeng Presto dan Wingko di Kota Semarang). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]Microsoft Word
491Kb

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh orientasi wirausaha, oriantasi pasar, dan keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja bisnis. Rumusan masalah adalah bagaimana menciptakan keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja bisnis. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah sentra usaha mikro lumpia, bandeng presto dan wingko di Semarang yang berjumlah 104 industri. Dan jumlah data yang dapat diperoleh dalam penelitian ini adalah 102 industri. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jawaban nilai 1 ( sangat tidak setuju sekali) sampai dengan 7 ( sangat setuju sekali ). Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) melalui program AMOS 18 Hasil analisis data goodnes of fit index menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaian fit (dapat diterima). Tidak semua hipotesis dapat diterima setelah dilakukan analisis SEM. Hipotesis yang diterima adalah pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis, orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing dan keunggulan bersaing terhadap kinerja. Adapaun yang ditolak adalah pengaruh antara orientasi wirausaha terhadap keunggulan bersaing dan orientasi pasar terhadap kinerja bisnis. Secara umum kesimpulan dari hasil pengujian model yang diterapkan pada sentra usaha mikro lumpia, bandeng presto dan wingko di Semarang menunjukkan bahwa keunggulan bersaing dapat dicapai melalui orientasi pasar, dimana keunggulan bersaing yang dihasilkan perusahaan dapat meningkatkan kinerja bisnis. Penelitian ini memberikan beberapa keterbatasan penelitian serta agenda penelitian mendatang yang bisa dilakukan pada penelitian lanjutan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:48345
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:29 Mar 2016 16:10
Last Modified:29 Mar 2016 16:10

Repository Staff Only: item control page