ANALISIS PENGARUH TRUST DAN MUTU SISTEM TERHADAP MINAT NASABAH UNTUK BERTRANSAKSI ONLINE DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN NASABAH DALAM BERTRANSAKSI ONLINE (Studi Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Kantor Cabang Semarang)

Niezar, Moch and Sufian, Syuhada and RAHARDJO, Susilo Toto (2015) ANALISIS PENGARUH TRUST DAN MUTU SISTEM TERHADAP MINAT NASABAH UNTUK BERTRANSAKSI ONLINE DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN NASABAH DALAM BERTRANSAKSI ONLINE (Studi Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Kantor Cabang Semarang). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]Microsoft Word
920Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meneliti perilaku konsumen tentang keputusan bertransaksi secara online dengan electronic banking pada Bank Muamalat cabang semarang. Dengan menggunakan faktor trust (kepercayan) dan mutu sistem, penelitian ini berusaha meneliti lebih lanjut mengenai faktor-faktor tersebut dan pengaruhnya terhadap minat nasabah bertransaksi online serta dampaknya terhadap keputusan nasabah bertransaksi online dengan electronic banking. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 170 orang nasabah tabungan bank Muamalat cabang semarang yang pernah menggunakan fasilitas electronic banking dan pernah menggunakannya untuk betransaksi selama kurang lebih 6 bulan terakhir. Teknik analisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan perangkat AMOS, digunakan untuk menganalisis data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa trust dan mutu sistem mempengaruhi minat nasabah untuk bertransaksi online dalam meningkatkan keputusan nasabah untuk bertransaksi online. Namun ternyata trust (kepercayaan) tidak mempengaruhi secara langsung keputusan nasabah dalam bertransaksi online. Hasil analisis menunjukkan bahwa trust dan mutu sistem berpengaruh pada minat bertransaksi online dalam meningkatkan keputusan nasabah bertransaksi online. Adapun untuk mutu sistem berpengaruh pada keputusan bertransaksi online, namun trust tidak berpengaruh pada keputusan bertransaksi online. Kata kunci: Trust, mutu sistem, minat bertransaksi online, dan keputusan bertransaksi online

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:48335
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Mar 2016 16:32
Last Modified:29 Mar 2016 16:32

Repository Staff Only: item control page