PENGARUH KETERLIBATAN MANAJEMEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA ORGANISASI MELALUI KNOWLEDGE TRANSFER (Studi Pada Satuan Kerja Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia)

NINGSIH, Candra and SUGIARTO, Yohanes and Hidayati, Retno (2014) PENGARUH KETERLIBATAN MANAJEMEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA ORGANISASI MELALUI KNOWLEDGE TRANSFER (Studi Pada Satuan Kerja Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]Microsoft Word
63Kb

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh keterlibatan manajemen dan teknologi informasi terhadap kinerja organisasi melalui knowledge transfer. Permasalahan penelitian yang dajukan sepenuhnya merujuk pada research problem yaitu: adanya kesenjangan antara target kinerja (yang seharusnya) dengan pelaksanaannya. Kinerja yang tidak tercapai terutama pada Sasaran Strategis 2 (SS.2) yaitu bidang pemeriksaan yang merupakan core bisnis pada satuan kerja BPK RI. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah sensus artinya semua sampel diteliti, yaitu seluruh Satuan Kerja Pemeriksa BPK RI yang berjumlah 56 Satuan Kerja. Dari jumlah tersebut semua data diambil sebanyak 56 data kuesioner yang layak untuk diolah. Untuk menganalisis data Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) yang dijalankan dengan SmartPLS. Hasil analisis data penelitian menunjukkan model dan hasil penelitian dapat diterima dengan baik dan membuktikan bahwa pengaruh keterlibatan manajemen dan teknologi informasi terhadap knowledge transfer terbukti secara signifikan berpengaruh positif. Pengaruh keterlibatan manajemen dan teknologi informasi terbukti secara signifikan berpengaruh positif terhadap kinerja organisasi. Pengaruh knowledge transfer secara signifikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja organisasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja organisasi paling besar dipengaruh oleh knowledge transfer dan knowledge transfer paling besar dipengaruhi oleh Teknologi Informasi sebesar. Keterlibatan manajemen berpengaruh terhadap knowledge transfer. Pengaruh langsung teknologi informasi terhadap kinerja organisasi lebih tinggi dibandingkan pengaruh keterlibatan manajemen terhadap kinerja organisasi.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:T Technology > T Technology (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:48260
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:28 Mar 2016 11:01
Last Modified:28 Mar 2016 11:01

Repository Staff Only: item control page