PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA ORGANISASI DENGAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIATING (STUDI EMPIRIS PADA BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN (BPKP))

MEGANTORO, Robertus Gatot and Miyasto , Miyasto and Rahardjo, Mudji (2014) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA ORGANISASI DENGAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIATING (STUDI EMPIRIS PADA BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN (BPKP)). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
173Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh secara langsung dan tidak langsung budaya organisasi dan knowldege management terhadap kinerja organisasi BPKP. Penelitian ini menggunakan teori Resources Based View dan Dynamic Capabilities. Penelitian dilakukan di seluruh 33 Perwakilan BPKP, dengan responden sebanyak 105 pejabat eselon III dan koordinator bidang pengawasan. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner yaitu dengan memberikan daftar pertanyaan atau kuesioner yang dikirim melalui pos kepada responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi yang meliputi integrasi internal dan adaptasi eksternal mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap knowledge management dan kinerja organisasi. Pengaruh dari knowledge management terhadap kinerja organisasi adalah signifikan dan positif , sedangkan knowledge management juga terbukti menjadi mediator pengaruh integrasi internal dan adaptasi eksternal terhadap kinerja organisasi

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:48245
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:28 Mar 2016 09:43
Last Modified:28 Mar 2016 09:43

Repository Staff Only: item control page