PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG DAUN KAYAMBANG (Salvinia molesta) DALAM RANSUM TERHADAP PERSENTASE KARKAS DAN NILAI NUTRISI DAGING AYAM BROILER

ANNISYA, SHINTYA WAHYU and NURWANTORO, - and Warsono, Sarengat (2015) PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG DAUN KAYAMBANG (Salvinia molesta) DALAM RANSUM TERHADAP PERSENTASE KARKAS DAN NILAI NUTRISI DAGING AYAM BROILER. Undergraduate thesis, Peternakan.

[img]
Preview
PDF
305Kb
[img]
Preview
PDF
86Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

237Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

202Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

210Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

210Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

979Kb

Abstract

SHINTYA WAHYU ANNISYA. 23010110130247. 2015. Pengaruh Pemberian Pakan Campuran Salvinia Molesta terhadap Kualitas Karkas dan Nilai Nutrisi Daging Ayam Broiler. (The use Effect of Kayambang Leaves Powder (S. molesta) in Feeding on Carcass Quality and Nutritional Value Broiler Meat) (Pembimbing: NURWANTORO dan WARSONO SARENGAT). Penelitian ini telah dilakukan pada bulan September sampai November 2013, bertempat di Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro. Preparasi sampel dilakukan di Laboratorium Rekayasa Pangan dan Hasil Pertanian Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro. Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian S. molesta Rawa Pening sebagai campuran pakan terhadap kandungan kualitas karkas dan nilai nutrisi daging ayam broiler. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah daging komposit ayam yang diperoleh dari pemotongan sebanyak 20 ekor ayam broiler strain Lohman. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap, meliputi tahap persiapan dan pemeliharaan, pemotongan, penimbangan karkas, preparasi sampel dan analisis proksimat daging ayam broiler. Rancangan percobaan yang dipergunakan dalam pemeliharaan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan masing-masing perlakuan diulang sebanyak 5 kali (To = ransum dengan S. molesta sebanyak 0%; T1= ransum dengan S. molesta sebanyak 6%; T2 = ransum dengan S. molesta sebanyak 12%; T3 = ransum dengan S. molesta sebanyak 18%). Analisis proksimat yang meliputi kadar protein dan lemak menggunakan 20 sampel daging komposit ayam dari 4 perlakuan 5 ulangan acak. Data kandungan total kadar protein dan kadar lemak dianalisis dengan uji F (one way anova) pada taraf signifikan (α) = 0,05. Dilanjutkan dengan uji wilayah ganda Duncan, pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan pemberian pakan perlakuan sampai taraf 18% pada ayam broiler tidak berpengaruh (P>0,05) terhadap kadar protein tetapi berpengaruh terhadap kadar lemak daging ayam serta persentase karkas ayam broiler. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pemberian tepung daun S. molesta pada pakan tidak berdampak terhadap kadar protein, tetapi dapat menurunkan kadar lemak dan persentase karkas jika dibandingkan dengan perlakuan tanpa S.molesta sehingga diketahui batas toleransi kandungan S. molesta dalam pakan adalah 6%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:48242
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Mar 2016 09:49
Last Modified:28 Mar 2016 09:49

Repository Staff Only: item control page