ALIH TUTUR PADA PERCAKAPAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI STIKES ST. ELISABETH SEMARANG

Priyastuti , Maria Theresia (2013) ALIH TUTUR PADA PERCAKAPAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI STIKES ST. ELISABETH SEMARANG. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
2692Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas berbagai alih tutur yang muncul dalam percakapan proses belajar mengajar di Stikes St. Elisabeth Semarang. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan alih tutur (turn-taking), pasangan tuturan berdampingan (adjacency pair) dan pergantian topik (topic changes). Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, metode kuantitatif dan metode padan. Data penelitian ini berupa dua percakapan proses belajar mengajar yang berlangsung di Stikes St. Elisabeth Semarang. Data penelitian dianalisis peneliti dengan menggunakan teori-teori seperti analisis percakapan yang dikemukakan oleh Sacks, Schegloff dan Jefferson (SSJ) dan kesopanan Brown dan Levinson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alih tutur yang paling banyak ditemukan oleh peneliti dalam proses belajar mengajar di Stikes St. Elisabeth Semarang adalah pertama, konstruksi leksikal, aturan alokasi giliran bicara melalui seleksi mandiri, dan strategi menguasai giliran dengan menggunakan sinyal filled pause, verbal filler dan silent pause. Kedua, dalam pasangan tuturan berdampingan, bentuk pertanyaan yang diikuti dengan jawaban. Ketiga, strategi mengubah topik, dan tempat pergantian topik setelah sinyal diam atau jeda.

Item Type:Thesis (Masters)
Additional Information:Advisor: Dr. Deli Nirmala, M.Hum.
Uncontrolled Keywords:alih tutur, pasangan tuturan berdampingan, pergantian topik, percakapan proses belajar mengajar
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:48241
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Sep 2016 10:26
Last Modified:20 Feb 2018 11:57

Repository Staff Only: item control page