PENGUATAN MANAJEMEN DAN KOMPETENSI KOMUNIKASI DALAM KEPEMIMPINAN DI KOPERASI SIMPAN PINJAM ACHEH SOCIETY DEVELOPMENT COOPERATIVE BIREUEN – ACEH

FITRI, Aulia and Yuniawan, Ahyar and Rahardja, Edy (2014) PENGUATAN MANAJEMEN DAN KOMPETENSI KOMUNIKASI DALAM KEPEMIMPINAN DI KOPERASI SIMPAN PINJAM ACHEH SOCIETY DEVELOPMENT COOPERATIVE BIREUEN – ACEH. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]Microsoft Word
47Kb

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menganalisa penguatan manajemen dan kompetensi komunikasi dalam kepemimpinan di Koperasi Simpan Pinjam Acheh Society Development Cooperative (KSP ASDC) Bireuen-Aceh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara yang terdiri dari beberapa level atau tingkat jabatan, mulai dari pendiri (founder), top manajemen, hingga staf dan anggota koperasi, yakni sebanyak 7 (tujuh) orang. Model penelitian dianalisis dengan teknik event history yang dikolaborasikan metode Miles dan Huberman dalam upaya memfokuskan pada hal-hal penting lewat data yang direduksi untuk memberikan gambaran permasalahan secara lebih jelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa apa yang terjadi sejak berdirinya KSP ASDC hingga saat ini benar-benar mengalami perbedaan signifikan, khususnya dalam penguatan manajemen yang digerakkan oleh para pendiri awal sampai dengan berubahnya struktur kepemimpinan yang baru dalam koperasi. Adapun kompetensi komunikasi yang dimiliki oleh kepemimpinan sebelumnya dibandingkan dengan kepemimpinan baru, dari hasil wawancara dengan informan serta menimbangkan sejumlah data sumber daya manusia yang ada saat ini terbilang mengalami pergeseran dalam penyampaikan informasi, yakni dari awalnya tertutup hingga lebih terbuka dan terarah dalam setiap instruksi dan penyelesaian sejumlah masalah. Implikasi bagi organisasi atau manajemen KSP ASDC dan penelitian selanjutnya juga bisa didiskusikan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:48230
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:24 Mar 2016 15:43
Last Modified:24 Mar 2016 15:43

Repository Staff Only: item control page