PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN SERTA IMPLIKASINYA PADA NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan yang Terdaftar di LQ 45)

SEPTIANI, Sabrina and Miyasto , Miyasto and HARYANTO , A Mulyo (2013) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN SERTA IMPLIKASINYA PADA NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan yang Terdaftar di LQ 45). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
202Kb

Abstract

mengurangi timbulnya konflik kepentingan (agensi). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel GCG dan faktor fundamental terhadap kebijakan dividen serta implikasinya terhadap nilai perusahaan. Variabel GCG terdiri dari kepemilikan institusional, dewan komisaris, dewan direksi, komisaris independen dan komite audit. Kemudian ada tiga faktor fundamental sebagai faktor tambahan dalam penelitian ini yaitu rasio lancar, rasio hutang dan rasio profitabilitas. Untuk kebijakan dividen akan diukur dengan dividend payout ratio, sedangkan nilai perusahaan akan diukur dengan price to book value ratio. Data penelitian adalah data panel perusahaan publik yang terdaftar di LQ 45 dan membagikan dividen dari tahun 2008-2011. Metode yang digunakan adalah regresi berganda dengan metode two stages least squares Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan institusional, dewan komisaris dan komite audit sebagai ukuran dari GCG memiliki pengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. Faktor fundamental yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen adalah rasio hutang dan rasio profitabilitas. Kemudian, kebijakan dividen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Faktor yang tidak signifikan adalah dewan direksi, komisaris independen dan rasio lancar.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:48207
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:24 Mar 2016 10:01
Last Modified:24 Mar 2016 10:01

Repository Staff Only: item control page