PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN RETURN ON ASSET SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR FOOD AND BEVERAGES YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007-2011

PUTRI, Prima Azriana and Wahyudi, Sugeng and MAHFUD, M. Kholiq (2015) PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN RETURN ON ASSET SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR FOOD AND BEVERAGES YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007-2011. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]Microsoft Word
119Kb

Abstract

Theory of the Firm (Salvatore, 2005) menjelaskan tentang tujuan utama perusahaan adalah memaksimumkan kekayaan atau nilai perusahaan. Hal tersebut memberi ketertarikan bagi para investor untuk dapat berinvestasi di perusahaan, terutama di perusahaan yang memiliki prospek baik untuk jangka panjang sehingga dapat memberikan manfaat, kekayaan dan nilai di masa depan. Prospek perusahaan dapat dilihat melalui kinerja setiap perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh rasio keuangan terhadap nilai perusahaan dengan return on assets sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2011. Data penelitian diperoleh dari ICMD (Indonesian Capital Market Directory) dan website Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode waktu tahun 2007 hingga 2011. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 18 perusahaan dan jumlah sampel setelah melewati tahap purposive sample sebanyak 12 perusahaan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda 2 tahap dan tes sobel. Hasil penelitian menunjukkan Current Ratio (CR), Total Assets Turnover (TATO) dan Growth tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan Current Ratio (CR) dan Growth tidak berpengaruh terhadap Return On Assets (ROA), Total Assets Turnover (TATO) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Assets (ROA). Rasio Return On Assets (ROA) tidak dapat memediasi hubungan Current Ratio (CR), Total Assets Turnover (TATO) dan Growth terhadap Nilai Perusahaan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:48170
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:23 Mar 2016 14:24
Last Modified:23 Mar 2016 14:24

Repository Staff Only: item control page