ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHISTRUKTUR MODAL (Studi Perbandingan Pada Manufacture Multinational Company dan Manufacture Domestic Corporation di Bursa Efek Indonesia)

SOUKOTTA, Agnes and CHABACHIB, Mochammad and MAHFUD, Mohammad Kholiq (2013) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHISTRUKTUR MODAL (Studi Perbandingan Pada Manufacture Multinational Company dan Manufacture Domestic Corporation di Bursa Efek Indonesia). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]Microsoft Word
58Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis apakah terdapat pengaruh dari firm size (SIZE), Sales Growth (GROWTH), Return on Asset (ROA), Likuidity (LIQ), Asset Structure (AS) terhadap struktur modal (DER). Teknik sampling yang digunakan adalah proposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 14 dari 43 untuk perusahaan MNC dan 44 dari 101 untuk perusahaan DC. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial dan F-statistik untuk menguji pengaruh secara bersama-sama atau keseluruhan dari koefisien regresi dengan level of significance 5% serta chow-test untuk menguji perbedaan pengaruh dari koefisien regresi antara perusahaan multinasional dan perusahaan domestik. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa data Size berpengaruh negatif signifikan, Sales Growth berpengaruh positif dan tidak signifikan, ROA, LIQ dan AS berpengaruh negatif dan signifikan terhadap DER pada perusahaan MNC. Sedangkan untuk perusahaan DC Size dan Sales Growth berpengaruh positf dan signifikan, ROA, LIQ dan AS berpengaruh negatif dan signifikan terhadap DER. Hasil pengujian menghasilkan nilai chow test F sebesar 17,016. Nilai F-tabel diperoleh sebesar 2,267. Dengan demikian diperoleh nilai chow test (17,016)>(2,267). Hal ini berarti terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan dari pengaruh 5 variabel bebas tersebut terhadap DER pada perusahaan MNC dan DC.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:48166
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:23 Mar 2016 14:13
Last Modified:23 Mar 2016 14:13

Repository Staff Only: item control page