MANAJEMEN BIOSEKURITAS DAN SANITASI AYAM PEMBIBIT DI PT. SUPER UNGGAS JAYA FARM MALANG DUSUN KEPATIHAN DESA PAMOTAN KEC. DAMPIT KAB. MALANG, JAWA TIMUR

HASIBUAN, FITRI ANA (2015) MANAJEMEN BIOSEKURITAS DAN SANITASI AYAM PEMBIBIT DI PT. SUPER UNGGAS JAYA FARM MALANG DUSUN KEPATIHAN DESA PAMOTAN KEC. DAMPIT KAB. MALANG, JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, Peternakan.

[img]
Preview
PDF
121Kb
[img]
Preview
PDF
43Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

130Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

42Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1516Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

574Kb

Abstract

FITRI ANA HASIBUAN. 23010212060020. 2015. Manajemen Biosekuritas dan Sanitasi Ayam Pembibit di PT. Super Unggas Jaya Farm Malang Dusun Kepatihan Desa Pamotan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang, Jawa Timur. (Pembimbing : EDJENG SUPRIJATNA). Tugas akhir disusun berdasarkan Kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan pada tanggal 09 Februari sampai dengan 21 Maret 2015 di PT. Super Unggas Jaya Farm Malang Dusun Kepatihan Desa Pamotan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang, Malang yang bertujuan untuk memperoleh ilmu, wawasan, keterampilan dan melatih kerja secara langsung proses pemeliharaan ayam pembibit serta mengetahui tentang manajemen biosekuritas, vaksinasi dan penanganan penyakit yang diterapakan di PT. Super Unggas Jaya Farm Malang. Materi yang digunakan adalah perusahaan peternakan ayam pembibit broiler di PT. Super Unggas Jaya Farm Malang Dusun Kepatihan Desa Pamotan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang, Malang. Medote yang digunakan yaitu metode partisipasi aktif pada setiap kegiatan yang ada di perusahaan, pengamatan secara langsung dan percatatan data. Data yang diperoleh berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil pengamatan, kegiatan-kegiatan yang rutin dilaksanakan dan wawancara langsung dengan Manajer, Pengawas lapangan dan Pekerja kandang serta pencatatan data selama PKL. Data sekunder diperoleh dari data-data yang ada diperusahaan PT. Super Unggas Jaya Farm Malang yang meliputi keadaan umum dan wilayah peternakan, jadwal vaksin, check list biopsekuritas kandang dan farm. Data yang diperoleh dianalisis secara deksriptif dan kemudian dibandingkan dengan pustaka. Berdasarkan hasil PKL di PT. Super Unggas Jaya Farm Malang maka dapat diketahui bahwa sistem perkandangan yang digunakan adalah kandang sistem Close House sebanyak 12 kandang yang menempati lahan seluas 9 hektar. Sistem pemeliharaan yang digunakan sistem all in all out. Jarak antar kandang dalam satu flok 12 meter dan yang berlainan flok 50 meter, serta jarak tempat pembakaran ayam mati dengan kandang berjarak 15 meter. Program biosekuritas yang diterapkan di PT. Super Unggas Jaya Farm Malang adalah sanitasi dan biosekuritas terhadap orang dan lalu lintas, biosekuritas kandang dan peralatan, biosekuritas pakan dan air minum, biosekuritas lingkungan sekitar kandang, program vaksinasi serta penanganan limbah. Kata kunci : ayam bibit “ parent stock”, biosekuritas, sanitasi dan vaksinasi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:48132
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:23 Mar 2016 08:45
Last Modified:23 Mar 2016 08:45

Repository Staff Only: item control page