Analisis faktor - faktor yang mempengaruhi kepuasan Konsumen Serta Pengaruhnya Terhadap Word of Mouth (WOM) Pada CV Aneka Usaha di Semarang

LAKSONO, Jimmie Andrie (2013) Analisis faktor - faktor yang mempengaruhi kepuasan Konsumen Serta Pengaruhnya Terhadap Word of Mouth (WOM) Pada CV Aneka Usaha di Semarang. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
274Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan mengembangkan sebuah model untuk menganalisis kepuasan konsumen dan pengaruhnya terhadap word of mouth (WOM) yang dilihat dari aspek perolehan penjualan pada pelumas pada CV. Aneka Usaha di Semarang. Dengan masalah penelitian yaitu : bagaimana meningkatkan pembelian produk pelumas pada CV. Aneka Usaha? Telaah pustaka yang dilakukan telah menuntun peneliti untuk dapat mengembangkan hasil model penelitian yang dibentuk oleh kualitas, harga kepuasan dan word of mouth (WOM), Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang menggunakan pelumas lebih dari setengah tahun pada CV. Aneka Usaha di Semarang sejumlah 147 responden. Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS 18.0. Hasil pengujian dan analisis model menunjukkan bahwa tiga hipotesis penelitian dapat diterima, kualitas (H1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.570, harga (H2) berpengaruh postif dan signifikan terhadap kepuasan dengan nilai koefisien regresi 0,302, kepuasan (H3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth (WOM) dengan nilai koefisien regresi 0.774. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa diantara kedua faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen (kualitas dan harga), didapatkan bahwa kualitas merupakan faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan. Implikasi manajerial yang dapat disarankan oleh penelitian ini adalah kebijakan yang menitikberatkan pada kualitas barang diantaranya dengan penataan digudang dengan rapi dan hati-hati serta hindari terjadinya kemasan rusak.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:48114
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Mar 2016 20:37
Last Modified:22 Mar 2016 20:37

Repository Staff Only: item control page