PENGEMBANGAN TEKNIK BIOMONITORING DAN BIOSECURITY YANG EFEKTIF DAN AKURAT MENUJU AKTIVITAS BUDIDAYA PERIKANAN BERKELANJUTAN

Putro, Sapto P. and Hariyati, Riche and Suhartana, Suhartana (2012) PENGEMBANGAN TEKNIK BIOMONITORING DAN BIOSECURITY YANG EFEKTIF DAN AKURAT MENUJU AKTIVITAS BUDIDAYA PERIKANAN BERKELANJUTAN. Project Report. Lembaga Penelitian Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
954Kb

Abstract

Aktivitas budidaya perikanan merupakan bagian penting dari usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan pangan berprotein tinggi yang terus meningkat, khususnya ikan dan crustacea. Namun dalam dua dekade terakhir, penurunan kualitas lingkungan, khususnya lingkungan perairan semakin meningkat seiring dengan meningkatkan aktivitas manusia. Hal ini sudah seharusnya menjadi perhatian yang serius baik oleh pelaku budidaya, institusi pendidikan, pemerintah daerah setempat, maupun pemerintah pusat. Budidaya tanpa diimbangi dengan pengetahuan wawasan pemanfaatan SDA dan prektek budidaya berkelanjutan akan sangat mudah terjadi bencana lingkungan, yang pada akhirnya berdampak pada penurunan produktivitas budidaya dan daya dukung lingkungan. Penelitian ini dilaksanakn di kawasan budidaya ikan sistem keramba di Danau Rawapening, kawasan budidaya ikan sistem tambak di perairan pesisir Sayung Demak dan kawasan budidaya ikan sistem tambak di perairan pesisir Tugu Rejo, Semarang, dengan difokuskan pada 3 kegiatan utama, yaitu (a) penerapan metode baru biomonitoring yang efisien, efektif dan akurat menggunakan multivariat dan metode grafis terhadap opportunistic species, (b) penerapan biosecurity untuk meningkatkan daya dukung lingkungan perairan. Penelitian ini telah menghasilkan output berupa: presentasi oral dalam seminar internasional International Conference for Applied Life Science (ICALS) in Konya, Turkey, pada 10-12 September 2012 (www.icals.org), dan 1 publikasi ilmiah pada jurnal internasional: Journal of International on Environmental Applied Sceince (JIEAS) edisi Dsember 2012 (dalam proses publikasi/proof printing) dengan judul: Assessment of Environmental Quality of Coastal Fishpond Areas Using Macrobenthic Structure: Multivariate and Graphical Approaches.

Item Type:Monograph (Project Report)
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
Faculty of Science and Mathematics > Department of Chemistry
ID Code:48101
Deposited By:Mr. Sugeng Priyanto
Deposited On:22 Mar 2016 20:51
Last Modified:22 Mar 2016 20:51

Repository Staff Only: item control page