PENGARUH DIPPING MENGGUNAKAN LARUTAN FORMALIN DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDATERHADAP TOTAL BAKTERI DAN pH SUSU SEGAR SAPI PERAH FRIESIAN HOLSTEIN

PRAMESTHI, RIDHA (2015) PENGARUH DIPPING MENGGUNAKAN LARUTAN FORMALIN DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDATERHADAP TOTAL BAKTERI DAN pH SUSU SEGAR SAPI PERAH FRIESIAN HOLSTEIN. Undergraduate thesis, Peternakan.

[img]
Preview
PDF
48Kb
[img]
Preview
PDF
134Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

158Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

149Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

155Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

182Kb

Abstract

RIDHA PRAMESTHI. 23010111120043. 2015. Pengaruh Dipping menggunakan Formalin dengan Berbagai Konsentrasi yang Berbeda terhadap Total Bakteri dan pH Susu Segar Sapi Perah Friesian Holstein. (Effects of Dipping by Various Concentrations Formaline on Total Bacteria and pH of Fresh Milk Friesian Holstein Cows) (Pembimbing : SUDJATMOGO dan TEGUH HARI SUPRAYOGI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai konsentrasi larutan formalin sebagai dipping terhadap total bakteri dan pH susu pada pemerahan sapi FH. Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi tentang efektivitas penggunaan desinfektan formalin dengan konsentrasi yang berbeda dalam proses dipping terhadap total bakteri dan pH susu. Penelitian dilaksanakan pada Tanggal 15 September – 12 Oktober 2014 di Unit Pelaksana Teknis Daerah Pembibitan Ternak Unggul Mulyorejo, Tengaran-Semarang. Materi yang digunakan adalah : susu segar, 24 ekor sapi perah FH yang berada pada lingkungan kandang yang sama pada laktasi bulan II dan III dengan rataan bobot badan 398,9 ± 30,86 kg (CV = 7,9%) dan rataan produksi susu 8,5 ± 0,56 L (CV = 6,4%), larutan formalin 37%, akuades, dan alkohol. Peralatan yang digunakan antara lain : 3M PetrifilmTM ®Aerobic Plates Count, dry ice box, botol kaca, cup plastik, pH meter dengan RoHs® (skala 0 – 14 dengan ketelitian 0,1), inkubator, spreader. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan 6 kali ulangan. Perlakuan yang diterapkan adalah T0(0%) ;T1(0,5%); T2(0,7%); dan T3(0,9%). Parameter yang diamati adalah total bakteri dan pH susu. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji Anova yang dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil perhitungan statistik menunjukkan pengaruh yang nyata (P<0,01) konsentrasi dipping puting susu menggunakan larutan formalin terhadap total bakteridan pH susu. Rataan total bakteri pada T0, T1, T2, dan T3 masing – masing adalah 31,5; 2,8; 2,4; dan 1,9 (105CFU/ml), sedangkan rataan pH susu pada masing – masing perlakuan adalah 5,6; 5,9; 6,1; dan 6,3. Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini bahwa dipping puting susu sapi perah menggunakan larutan formalin pada konsentrasi terendah sudah mampu mengurangi cemaran bakteri pada susu dan mempertahankan derajat keasamannya. Disarankan bahwa penggunaan formalin sebagai dipping perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengevaluasi efek yang ditimbulkan setelah rentan waktu dipping terhadap kerusakan sel dan jaringan ambing sapi serta residunya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:48075
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:21 Mar 2016 14:45
Last Modified:21 Mar 2016 14:45

Repository Staff Only: item control page