Agnes Mo: Antara Girl Power dengan Imperialisme Budaya ( Analisis Semiotik pada Video Musik "Godai Aku Lagi")

Farida, M. Arif (2015) Agnes Mo: Antara Girl Power dengan Imperialisme Budaya ( Analisis Semiotik pada Video Musik "Godai Aku Lagi"). Masters thesis, Master Program in Communication Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
107Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
214Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
70Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
921Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
654Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
54Kb

Abstract

Video musik sebagai produk budaya populer juga berfungsi untuk menyampaikan ekspresi sekaligus menjadi media perlawanan. Salah satunya adalah video klip milik Agnes Mo yang berjudul Godai aku lagi yang mengusung tema Girl Power. Fenomena ini menarik karena tema ini diusung ketika kaum perempuan didiskriminasi dalam setiap aspek kehidupannya. Penelitian ini kemudian mempertanyakan Bagaimana Girl Power ditampilkan sebagai ekspresi perlawanan Agnes Mo dalam video musik? Tujuan dari penelitian ini untuk melihat melihat apa saja yang ditampilkan Agnes sebagai Girl Power, serta membongkar ideology yang melatarbelakangi tampilan Girl Power oleh Agnes Mo dalam video klip Godai Aku Lagi. Penelitian tipe kualitatif deskriptif ini menggunakan pendekatan feminisme postmodern, teori representasi, dan teori imperialisme budaya untuk melihat bagaimana peran budaya dalam memproduksi tampilan perempuan serta bagaimana usaha perempuan memperjuangkan kesetaraannya melalui budaya populer. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika yang terinspirasi dari Carol Vernalis. Data dalam penelitian ini akan dianalisis dalam 3 tahap, yaitu: (1) mendeskripsikan struktur yang tercipta dalam video musik, (2) membaca kronologi video dan analisis dari dua bagian tertentu, dan (3) memaknai keterkaitan video music dengan Girl Power dan ideologi dominan lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perempuan dunia ketiga mengalami represi berlapis, dimana ia tidak hanya dimarginalkan oleh budaya patriarki tetapi juga oleh Kapitalisme dan Imperialisme. Girl power yang ditampilkan Agnes dalam video musik ini merupakan sebuah kesadaran palsu (False consciousness) yang mana tampilan tersebut bersinggungan dengan imperialisme yang pada akhirnya berhujung pada kepentingan industri kapitalis. Pada akhirnya, video musik ini tidak seutuhnya memberikan ruang pada perempuan untuk melakukan perlawanan. Kata kunci: Imperialisme budaya, video musik, gender, semiotika, girl power, postfeminis Music video as a product of popular culture were used to express feeling or as struggling sites of ideology. For example, Agnes Mo on her music video “Godai aku lagi”. This video is quite interesting, due to the girl power issue that she brought on her music video while the discrimination of women always happening. The aim of this research is to describe how Agnes Mo represented girl power on her music video and the ideologies behind her music video. This qualitative-descriptive type research used postfeminism perspective, representation theory, and cultural imperialism theory to analyzing how culture were producing women’s appearance/presence, and how women struggle to gain emancipation on popular culture. Semiotic was used in this research as analysis method, that inspired by Carol Vernalis. Data analysis divided into three sections: (1) describing structures of music video, (2) describing chronologies, (3) and from those two sections, being associated with girl power and other ideological ideas. The results shows that the third world women have double repression, not just patriarki but also capitalism and imperialism. Girl power that brought by Agnes on her music video “Godai Aku Lagi” is a kind of false consiousness, which also coming with cultural imperialism, and failed to represent girl power due to cultural capitalism. Finally, music video don’t give a space enough for women struggle. Keyword: cultural imperialism, music video, gender, semiotika, girl power, postfeminism

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Communication Science
ID Code:48062
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Mar 2016 15:34
Last Modified:21 Mar 2016 13:38

Repository Staff Only: item control page