MANAJEMEN PERKANDANGAN AYAM PEMBIBIT BROILER FASE GROWER DI PT. SUPER UNGGAS JAYA FARM MALANG DESA PAMOTAN KECAMATAN DAMPIT KABUPATEN MALANG

GINTING, Kartiani Br (2015) MANAJEMEN PERKANDANGAN AYAM PEMBIBIT BROILER FASE GROWER DI PT. SUPER UNGGAS JAYA FARM MALANG DESA PAMOTAN KECAMATAN DAMPIT KABUPATEN MALANG. Undergraduate thesis, Fak. Peternakan & Pertanian.

[img]
Preview
PDF
189Kb
[img]
Preview
PDF
87Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

202Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

87Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1263Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1534Kb

Abstract

KARTIANI BR GINTING, 23010212060006. Manajemen Perkandangan Ayam Pembibit Broiler Fase Grower Di PT. Super Unggas Jaya Farm Malang Desa Pamotan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang (Pembimbing : DWI SUNARTI) Tugas akhir ini disusun berdasarkan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan pada tanggal 09 Februari sampai 21 Maret 2015 di PT. Super Unggas Jaya Farm Malang Dusun Kepatihan Desa Pamotan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang, Malang. Kegiatan Praktek Kerja Lapangan ini dilaksanakan untuk mengetahui manajemen perkandangan yang dilaksanakan dan meningkatkan keterampilan khususnya pada sistem perkandangan ayam pembibit broiler fase grower. Metode yang digunakan dalam kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah dengan berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang ada di peternakan. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara, diskusi, quisioner, pengamatan dan pencatatan data selama PKL. Data sekunder diperoleh melalui catatan (recording) dan dokumen yang terdapat di PT. Super Unggas Jaya Farm Malang. Selanjutnya, menganalisis data, membahas dan membandingkan data dengan literatur. Data yang diperoleh dianalisis kemudian membandingkan dengan literatur. Hasil Praktek Kerja Lapangan di PT. Super Unggas Jaya Farm Malang dapat diketahui bahwa jumlah ayam pembibit yang dipelihara yaitu 104.000 ekor. Sistem pemeliharaan ayam multiple brooding secara intensif dengan menggunakan kandang tertutup (closed house) bertipe atap huruf “A” (gable) terbuat dari seng galfalum berlapis styrofoam. Dinding kandang terdiri jaring kawat dan beton dilapisi tirai yang terbuat dari terpal. Lantai menggunakan sistem “litter” dengan alas litter berupa sekam padi. Sistem ventilasi yang digunakan perusahaan menggunakan cooling pad dan exhaust fan. Strain ayam broiler pembibit yang digunakan adalah Ross 308 dengan bobot badan awal 40 gram per ekor. Manajemen pemeliharaan ayam pembibit broiler dari Day Old Chick (DOC) sampai umur 22 minggu sudah berhasil sesuai dengan standar perusahaan yang dilihat dari pertambahan bobot badan serta persentase keseragaman baik, konsumsi pakan tinggi dan konversi pakan yang cukup tinggi serta persentasi deplesi yang rendah. Program pencegahan penyakit dilakukan dengan sanitasi dan vaksinasi. Berdasarkan konstruksi dan bahan kandang tersebut, manajemen perkandangan ayam broiler di PT. Super Unggas Jaya Farm Malang sangat baik. Kata Kunci : ayam broiler pembibit, manajemen perkandangan fase grower.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Diploma in Animal Agriculture
ID Code:48028
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:17 Mar 2016 15:12
Last Modified:17 Mar 2016 15:12

Repository Staff Only: item control page